GPMB  Paser Dukung ASI eksklusif Wujudkan Paser MAS

Tana Paser – Berdasarkan penelitian Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka ibu yang pernah menyusui anak di Indonesia sudah tinggi, yaitu 90%, namun yang memberikan secara eksklusif selama 6 bulan masih rendah sebesar 20%. Pemberian ASI direkomendasikan sampai dua tahun atau lebih. Alasan ASI tetap diberikan setelah bayi berusia 6 bulan, karena 65% kebutuhan energi seorang bayi pada umur 6-8 bulan masih terpenuhi dari ASI. Pada umur 9-12 bulan sekitar 50% kebutuhannya dari ASI dan umur 1-2 tahun hanya sekitar 20% dari ASI .

Kasrani Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser, menyatakan  “Ahli kesehatan dan dunia kesehatan sampai saat ini menyatakan dengan jelas bahwa ASI adalah pilihan makanan terbaik bagi bayi. Walaupun demikian, harus diketahui pula bahwa ada beragam situasi atau keadaan khusus saat ASI mustahil diberikan pada bayi. Hal ini bukan berarti anak tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal”

Kasrani menambahkan “Teori perkembangan asal muasal kesehatan dan penyakit menyatakan risiko berbagai penyakit metabolik pada masa dewasa, termasuk diabetes, hipertensi, penyakit jantung, hingga kanker, sebenarnya sudah bermula sejak awal kehidupan. Hal ini membuat banyak peneliti menaruh perhatian khusus pada 1000 hari pertama kehidupan dimulai dari kehamilan dan dua tahun masa bayi, dan efeknya pada berbagai penyakit”

“Hasilnya, nutrisi yang diterima seorang individu saat berada dalam rahim ibu (janin) dan masa bayi merupakan salah satu faktor lingkungan utama yang mempengaruhi risiko kesehatan dan penyakit pada masa dewasa tersebut”

Kasrani mengingatkan dalam mendukung pemberian ASI Eksklusif, perlu ada kampanye secara terus menerus dari berbagai pihak akan pentingnya pemberian ASI di masyarakat, kebijakan cuti hamil dan melahirkan yang memadai,  penyediaan fasilitas pemeriksaan kesehatan Ibu Dan Bayi yang memadai, penyediaan fasilitas menyusui di tempat kerja dan ruang publik, serta dukungan nutrisi dan psikososial yang cukup untuk ibu menyusui.

Sosialisasi literasi ASI Bagi masyarakat menjadi tugas kita bersama, anak-anak yang sekarang sedang meminum ASI akan menentukan kelangsungan bangsa dan Negara, dengan ASI yang sempurna kita wujudkan Generasi Indonesia EMAS umumnya dan khususnya Generasi Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).

Penulis : Kasrani, Ketua GMB Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *