Kadis P2KBP3A Menutup Bimtek PPRG bagi OPD

TANA PASER, MCKabPaser – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A)  Amir Faisol, S.KM, M.Kes  menutup secara resmi Bimbingan Teknis Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) Tahun  2021 yang dilaksanakan  pada tanggal 14 s/d 18 November 2021 di Hotel Jatra Balikpapan. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang berasal dari  perencana 11 OPD  se Kabupaten Paser. Kamis, 18 November 2021.

Dalam arahan dan penutupannya Kepala Dinas P2KBP3A  menyampaiakan Apresiasi kepada Narasumber, Panitia dan Peserta yang sangat antusias dalam bimtek ini,  untuk dapat menyusun Anggaran yang Responsif Gender diperlukan sosok perencana yang memiliki kompetensi di bidang PPRG, sesuai Instruksi Bupati Paser Nomor 1 Tahun 2021 Perihal Implementasi Gender Analisis Patway (GAP)  dan Gender  Budjet Statemen (GBS) dalam Rencana Kerja Anggaran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser.

Untuk mendukung Instruksi Bupati tersebut,  menurut Amir Faisol  diperlukan Bimtek PPRG yang bertujuan meningkatkan kompetensi pejabat Perencana OPD yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi PPRG  di OPD masing-masing.

Selanjutnya Kadis P2KBP3A menambahkan, “Tahapan yang dibangun dalam penyelenggaraan Bimtek PPRG seperti ini, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam menyusun PPRG sehingga semua anggaran di OPD tersusun berdasarkan PPRG setiap tahunnya, saya berharap selain 2 kegiatan yang disusun PPRG sekarang ini, setelah pelatihan minimal 5 kegiatan dapat tersusun sesuai PPRG di OPD masing-masing”, demikian tutur Amir Faisol

Sementara Kabid PUG dan PP,  Dr. Kasrani, M.Pd menyatakan “Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek ini karena kami menghadirkan Narasumber dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) Semarang Jawa Tengah  Dr. Indra Kertati, M.Si dan Wulan, ST,  diakhir kegiatan telah tersusun GAP dan GBS OPD  2 Kegiatan  Tahun 2022 dan Tahun 2023”.

Kasrani   menambahkan “Kami berharap  untuk stake holder terkait bersama-sama menyusun program Bimtek PPRG  agar Tahun 2022 semua Perencana OPD dapat mengikuti Bimtek Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), mengingat dari 46 OPD,   17 OPD yang baru  mengikuti Bimtek PPRG ini,  dan untuk pejabat  perencaan desa belum ada yang mengikuti Bimtek PPRG,  Penyusunan PPRG adalah bagian terpenting mewujudkan Kabupaten Paser setara dan Adil  Gender,  tentunya ini akan mempercepat pencapaian Visi dan Misi Bupati Paser Menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)”. Demikian kata  Kasrani  

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, drs.H.Hendar Herawan, M.M menyatakan ungkapan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara Kemendikbudristek melalui Pusdiklat Pegawai yang telah bersama-sama melaksanakan kegiatan pelatihan kepemimpinan pengawas 2021 yang dilakukan untuk akselerasi pelaksanaan pelatihan agar dapat tercapai para pejabat struktural  yang ada di Kabupaten Tangerang resmi melaksanakan pelatihan PKP di tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan para peserta terbaik dari 2 angkatan tersebut yang jatuh kepada Dhany Madrani Hap, Wahib Wahab dan Madsuri. Sedangkan untuk angkatan 3 peringkat pertama Agus Rizki, Suci Hasiati dan peringkat 3 adalah Mad Soleh. (SLM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *