Pemkab Paser Akan Bangun Pabrik Kelapa Sawit

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser akan membangun Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Menurutnya, sudah ada investor yang tertarik untuk berinvestasi terkait pembangunan PKS.

“Kami akan bangun PKS di Long Ikis atau Long Kali dan kami telah bertemu Investor untuk membangun pabrik kelapa sawit,” ujar dr.Fahmi di sela peresmian program Peremajaan Sawit Rakyat di Desa Kendarom Kecamatan Kuaro,

Lanjut Bupati Fahmi menuturkan, pembangunan PKS merupakan upaya Pemerintah Daerah meningkatkan perekomian masyarakat, khususnya petani kelapa sawit. Upaya itu dengan meningkatkan infrastruktur jalan pedesaan. Pada tahun 2022, Pemkab Paser telah meminjam dana sebesar Rp600 Miliar kepada Bankaltimtara.

“Kami akan memperbaiki jalan dengan metode rigid/betonisasi bukan aspal. Sebab apalah arti bertani jika hasil produksi tidak bisa dibawa keluar untuk pemasaran,” kata dr.Fahmi Fadli.

Pembangunan jalan poros desa dengan rigid, kata Bupati, agar petani mampu memaksimalkan penjualan hasil produksi pertanian. “Kami bertekad dengan pembangunan infrastruktur ini akan membuat pertanian menjadi unggulan di Paser,” ucapnya.

Saat menyinggung pupuk bersubsidi, orang nomor satu di Paser ini belum memberi kepastian apakah Pemerintah Daerah akan memberikan pupuk bersubsidi kepada petani kelapa sawit. “Apakah pupuk bersubsidi ini dapat dilanjutkan atau tidak, nanti akan kami kordinasikan,” kata dr. Fahmi Fadli.

Diketahui, pasangan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf, selain fokus pada pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan kualitas pendidikan, juga fokus pada peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pemkab Paser bersama PKK akan mendirikan Posyandu dan Polidnes. Anggarannya tersedia di tahun 2022 atau di APBD-Perubahan tahun 2022,” ucap Bupati Fahmi.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *