Peringati HKN ke – 58, Pemkab Paser Resmikan Peningkatkan Kelas RSUD Panglima Sebaya Kelas B dan RSUD Kerang Kelas D

TANA PASER, MCkabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser dalam hal ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi yang mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meresmikan peningkatan kelas RSUD Panglima Sebaya Kelas B dan RSUD Kerang Kelas D dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022. Peresmian dilakukan di RSUD Kerang, Sabtu (12/11/2022).

Peresmian RSUD Panglima Sebaya Kelas B dan RSUD Kerang Kelas D merupakan peningkatan status dan pelayanan yang diakui sebagai wujud upaya meningkatkan pelayanan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Mengusung tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”, peringatan HKN dan peresmian kali ini dihadiri pula oleh Perwakilan Forkopimda serta para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Paser.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi yang mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menyampaikan pada HKN ini seluruh masyarakat, organisasi, dan swasta harus bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Paser untuk berperan aktif menjaga kesehatan, memprioritaskan promotive preventif dan menggalakkan prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Romif menyebutkan ada 6 pilar transformasi sistem kesehatan yaitu transformasi pelayanan kesehatan, transformasi pelayanan kesehatan rujukan, transformasi ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiyaan kesehatan dan tranformasi teknologi kesehatan.

6 pilar transformasi sistem kesehatan itu kata Romif untuk mewujudkan pembangunan Paser MAS yaitu Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera.

Keberadaan RSUD Panglima Sebaya Kelas B dan RSUD Kerang Kelas D, kata Romif diharapkan menambah akses layanan kesehatan masyarakat dalam rangka melaksanakan kebijakan nasional berkaitan jaminan kesehatan masyarakat.

Sejalan dengan itu Romif Erwinadi berharap meningkatnya kelas RSUD dikedua tempat ini para tenaga kesehatan dapat melayani masyarakat dengan tulus dan tanpa pandang bulu.

“Lakukan pendekatan simpati dan empati serta memanusiakan manusia agar tidak ada stigma negatif dari masyarakat,” Ucapnya

Kepala Dinas Kesehatan Paser dr. I Dewa Made Sudarsana mengatakan perhatian Pemkab Paser terhadap RSUD Panglima Sebaya dan RSU Kerang sangat tinggi dengan mendorong perubahan kelas.

“Hal ini untuk peningkatkan kesehatan dan memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk mewujudkan Paser MAS,” kata Kepala Dinkes tersebut.

Direktur RSUD Kerang dr. Adhisetya Dwi Saputra mengatakan lokasi RSUD kerang strategis karena dapat melayani masyarakat dari Batu Engau, Tanjung Harapan, dan Muara Samu. RSUD Kerang menghadirkan Pelayanan dokter umum, dokter gigi, termasuk spesialis kandungan.

Sedangkan fasilitasnya, selain fasilitas UGD 24 jam, juga dilengkapi 54 tempat tidur representatif, termasuk layanan rawat insentif, dan 1 pelayanan radiologi dan ronsen mobile.

Ia berharap Pemkab Paser tetap mendukung kebutuhan fisik dan nonfisik RSUD Kerang yang berupa pelayanan spesialis.

“Semoga tahun depan ada tambahan spesialis anak, spesialis bedah, spesialis anastesi sehingga dapat beroperasi secara umum,” tutup Adhis

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Total Views: 9 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.