Tekan Stunting, Pemkab Paser Gelar Kick Off Intervensi Pencegahan

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar Kick Off Intervensi Pencegahan stunting, Kamis (20/6/2024) di Halaman Posyandu Rahmatillah, Jalan Batuah, Tanah Grogot. Upaya ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Paser dalam menurunkan angka stunting di daerah.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser, Amir Faisol, mengajak seluruh pihak untuk terus  bersinergi dalam upaya pencegahan stunting.

“Perlu dilakukan pendataan seluruh calon pengantin, ibu hamil, dan balita di wilayah kerja masing-masing,” kata Amir Faisol.

Ia menekankan pentingnya seluruh kader posyandu memiliki keterampilan dalam penimbangan dan pengukuran antropometri berstandar serta mampu memberikan edukasi kepada calon pengantin, ibu hamil, dan balita.

Amir faisol berharap melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan kunjungan balita

“Kunjungan balita ke posyandu masih di bawah 56%. Oleh karena itu, dengan kegiatan intervensi serentak ini, diharapkan kunjungan balita minimal menjadi 90% di bulan Juni ini,” jelas Amir Faisol.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, Amri Yulihardi, berharap agar intervensi pencegahan stunting ini dapat terus berjalan setiap tahunnya.

“Aksi serentak pencegahan stunting ini tidak hanya seremonial saja, tetapi perlu dilakukan melalui berbagai tahapan,” ujar Amri Yulihardi.

“Tahapan tersebut meliputi sweeping pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi, dan intervensi bagi seluruh calon pengantin, ibu hamil, dan balita secara berkelanjutan,” tambahnya.

Upaya masif pencegahan stunting di Kabupaten Paser ini diharapkan dapat menurunkan angka stunting secara signifikan dan mewujudkan Kabupaten Paser yang bebas stunting.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah perangkat daerah, dan perusahaan. Acara ini juga dilanjutkan dengan dialog secara virtual yang diikuti oleh seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa, Puskesmas, dan Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Paser.

Pewarta: Irfan, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *