52 Kades Paser Ikuti Bimtek Penyusunan RPJMDes

TANA PASER, MCKabPaser – Sebanyak 52 Kepala Desa di Kabupaten Paser mengikuti bimbingan teknis penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2022 -2027, Selasa (29/06/2021).

Kegiatan yang selenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Paser itu dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Romif Erwinadi.

Hadir pada kegiatan itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Jauhar Efendi, Kepala DPMD Paser Hulaimi, serta kepala Bapedalitbang Muksin, selaku narasumber bimtek.

Romif Erwinadi mengatakan bimtek ini dilakukan dalam rangka pembinaan kepada Kepala Desa dalam penyusunan RPJMDES, yang sudah harus diselesaikan tiga bulan setelah kepala desa dilantik.

“RPJMDes ini harus selesai paling lambat 3 bulan setelah dilantik jadi. Ini berarti bahwa kepala desa harus segera bekerja untuk menuntaskan dokumen ini dalam kurang dari 100 hari pertama mereka,” kata Romif.

Romif mengemukakan sejumlah kepala desa yang dilantik beberapa waktu lalu adalah kepala desa baru yang perlu mendapat pembinaan dalam penyusunan RPJMDes.

Tujuannya agar kepala desa memiliki program terarah selama enam tahun masa kepemimpinan. Oleh karena itu Romif menilai kegiatan bimtek merupakan momen penting bagi kepala desa untuk belajar dalam penyusunan program kerja.

Ditambahkan Romif bahwa program kerja kepala desa hendaknya disinkronkan dengan program pemerintah daerah.

“Saya harap sesuai dengan visi Kabupaten Paser MAS Maju Adil Sejahtera,” ucapnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Jauhar Efendi menyebut penting nya pembinaan ini bagi kepala Desa dalam menyusun RPJMDes.

Ia mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menggelar bimtek karena menurutnya baru Kabupaten Paser yang menggelar bimtek bagi kepala desa tahun ini. Sementara 6 kabupaten lainnya di Kaltim belum melakukan kegiatan tersebut.

“Saya harap kegiatan ini bukan hanya dilakukan di Paser tapi juga daerah lain melaksanakannya,” ujar Jauhar. Foto : Rizky

Pewarta: Rizky, editor : Hutja

Total Views: 1489 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *