Bakesbangpol Paser Bina FKDM di Empat Kecamatan

Tana Paser – Badan Kesbangpol Kabupaten Paser telah melakukan pembinaan kepada Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di empat kecamatan dalam rangka deteksi dini dan mencegah potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) keamanan di Kabupaten Paser.

“Sudah empat FKDM yang kita bina, terakhir di Kecamatan Muar Komam. Sebelumnya di Long Ikis, Kuaro, dan Batu Engau,” kata Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Paser, Joko Santoso, Senin (12/6).

Joko mengatakan pembinaan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengurus FKDM dan setelah itu pengurus FKDM diharapkan mampu melaporkan setiap potensi ATHG di wilayahnya masing-masing.

“Sehingga dengan terdeteksinya potensi ATHG tersebut bisa dilakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi ataupun membesar dan meluas,” ujar Joko.

Dalam setiap kegiatan pembinaan, Bakesbangpol Paser memberikan pemahaman kepada pengurus FKDM kecamatan tentang tugas dan fungsi FKDM sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 46 Tahun 2019.

“Kami bina mereka mulai dari teknis pembuatan laporan, apa yang harus dilaporkan, bagaimana cara melaporkan, dan bagaimana cara mencegah apabila ada potensi konflik,” tuturnya.

Menurut Joko, FKDM berperan penting dalam melakukan deteksi dini dan cegah dini potensi ATHG. Apalagi tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden serta pemilu kepala daerah.

Oleh karena itu, seluruh FKDM akan dilakukan pembinaan agar mereka mampu mendeteksi potensi konflik dalam pelaksanaan pemilu tahun depan. “Jadi sekecil apapun potensi konflik harus bisa dicegah sedini mungkin,” kata Joko.

Untuk menghadapi pemilu 2024 kita juga akan melaksanakan rakor FKDM se-Kabupaten Paser.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *