Ikrarkan Anti Narkoba, Band Garapan Rutan Tanah Grogot Meriahkan Penutupan Garuda Expo 2023

Tana Paser – Ada hal menarik dalam acara penutupan acara penutupan pergelaran Garuda Expo 2023 yang digelar pada Minggu (10 /6/2023) ternyata dimeriahkan oleh Band bentukan Rutan Tanah Grogot yakni Prison art Insitute.

Bukan hanya menghibur, ternyata Prison Art Institute Band merupakan warga binaan yang digagas langsung oleh Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad untuk melakukan hal yang tidak biasa.

Personil Band Prison Art Institute yang beranggotakan para warga binaan Rutan Kelas II B Tanah Grogot menampilkan hal berbeda yaitu mengkolaborasikan seni musik dan puisi serta ikrar anti narkoba. Seluruh Personil Prison Art Institute mendeklarasikan Gerakan Anti Narkoba.

Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad, mengatakan ia sengaja memanfaatkan kesempatan ini untuk mengkolaborasikan komitmen jajaran pemasyarakatan untuk menyatakan perang terhadap narkoba.

“Ini merupakan wujud komitmen kuat kita dalam menyatakan perang melawan narkoba, untuk itu saya memanfaatkan betul kesempatan ini untuk mengajak masyarakat bersama bersatu say no to drug dengan cara yang sedikit berbeda,” kata Bayu.

Dijelaskan pula oleh Bayu, dalam proses pelaksanaan, dirinya terus berkoordinasi yang telah mendapatkan dukungan dari Pimpinan di Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, tentunya dengan melalui Standard operasional Prosedur. Bayu juga bersyukur dapat berkesempatan menampilkan potensi luar biasa yang dimiliki Rutan Tanah Grogot kepada masyarakat.

” Sudah jelas ya dikatakan melalui UU Pemasyarakatan yang baru (22 Tahun 2022) warga binaan diberikan ruang lingkup sebebas bebasnya dalam mengasah potensi dan kreatifitasnya, dan juga saya selalu melaporkan apa saja yang terjadi kepada pimpinan, baik pak Kadivpas maupun kakanwil, tentunya saya juga mengucapkan terimakasih kepada ketua panitia, yang sudah memberikan kesempatan ini karena kami sangat membutuhkan moment-moment seperti ini,” Tutur Bayu

Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Normila Sari Wahyuni, dirinya sangat senang Prison Art Institute bisa tampil meramaikan Garuda Expo 2023 ini , ia menyatakan Penampilan band Besutan Bayu Muhammad ini selalu memiliki konsep dan karakter yang khas.

” Luar biasa keren ya penampilan Prison Art Institute ini, luar biasa sekali atensinya dari masyarakat, bahkan saat saya melaporkan kegiatan kepada bupati Paser, beliau mengapresiasi, semua tertata dan selalu memiliki konsep yang menarik,” Katanya.

Nizar salah satu personil Prison Art Institute mengaku sangat bersyukur dan tak menyangka bahwa Rutan Tanah Grogot akan mensupport warga binaan seribu persen, ia sangat senang bisa memimpin deklarasi Anti Narkoba di tengah panggung yang begitu megah.

” Ucapan terimakasih tak terhingga saya sampaikan kepada bapak Kepala Rutan bapak Bayu, saya tidak menyangka akan ada sosok pemimpin yang mendukung program pembinaan seperti ini, saya berdoa semoga bapak sehat dan sukses selalu, saya dan teman teman berjanji akan menjadi lebih baik lagi dan berguna untuk masyarakat,” ucapnya.

disini, Rutan Tanah Grogot juga mengoptimalkan event Garuda Expo 2023 untuk memperkenalkan Produk produk unggulan warga binaan, dengan menampilkan hasil karya warga binaan berupa tataboga dan kerajinan tangan, serta amplang yang menjadi salah satu komoditas unggulan.

Bayu berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, tentunya akan mengubah persepsi masyarakat tentang penjara dan Warga binaan,

“Ini harapanya bisa menghilangkan stikma negatif tentang penjara dan warga binaan, karena sejatinya mereka warga binaan adalah mahluk sosial,”Kata Bayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *