Dinas PMD Paser Lakukan Input Profil Desa/Kelurahan Tahun 2024

TANA PASER – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Paser,  melakukan penginputan  Profil Desa dan Kelurahan 2024,  yang diikuti perangkat dari 139 Desa dan 5  Kelurahan se-Kabupaten Paser di Ruang Pertemuan Dinas PMD  selama 6 hari kerja  mulai Kamis (5/9),  hingga Senin (17/9). Hadir sebagai narasumber dari Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Paser.

Kepala Dinas PMD, diwakili Sekretaris DPMD Kasrani dalam sambutan pembukaan menyampaikan “untuk menyusun perencanaan desa dibutuhkan kelengkapan data terkait kependudukan, kelembagaan dan karakteristik spesifik desa. Data desa yang terkini dan akurat akan menunjang terwujudnya kualitas dokumen perencanaan pembangunan desa yaitu RPJMDes dan RPKPDes dengan baik. Sebagaimana yang telah diatur dalam UU No.6/2014 tentang desa maupun Permendagri No.114/2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.”

“Data desa yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan juga berguna dalam mewujudkan pengelolaan dana desa yang efektif, dan  menjadikan data sebagai suatu kebutuhan dalam perencanaan pembangunan.”

Kasrani menambahkan “profil desa/kelurahan ini harus diperbaharui setiap tahun. Sebab,  sebagai basis data perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan beragam pembangunan agar tepat sasaran. Selain itu, dengan adanya profil desa/kelurahan maka masyarakat luas dapat mengetahui potensi desa serta perkembangan pembangunan desa tersebut. Dan nantinya secara berkala Dinas PMD akan melaksanakan Monitoring dan Evaluasi terkait data Profil .”

Kasrani juga  meminta kepada Kepala Desa/Lurah setelah pelatihan ini  agar segera mengaktifkan  tim penyusunan profil desa  diperkuat dengan SK. Selain itu juga di perkuat jaringan internet dan kompetensi SDMnya yang benar-benar memahami teknologi informasi yang telah menjadi tuntutan di era digitalisasi saat ini. Target kita Tahun 2024 semua desa/kelurahan sudah memiliki profil yang terupdate.  Mengakhiri penjelsannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *