Satlinmas Dibekali Pelatihan, Kata Wabup Paser Percepatan Vaksinasi menjadi Tugas Tambahan Satlinmas

TANA PASER, MCKabPaser- Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengikuti pelatihan dasar untuk peningkatan SDM agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal.

Pelatihan ini dibuka Wakil Bupati Paser, Syarifah Masitah Assegaf. Hadir Plt. Kepala Satpol PP Paser Katsul Wijaya, perwakilan Satpol PP Provinsi dan perwakilan BPBD Paser.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini diikuti anggota satlinmas dari 10 Kecamatan.

Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf mengatakan bahwa satlinmas adalah masyarakat yang dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penangann bencana, memelihara keamanan, ketertiban masyarakat, termasuk Pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Kepala Daerah, dan Pemilihan Umum.
“Berbagai agenda akan ada dalam waktu dekat ini seperti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), yang akan dilaksanakan di tahun 2022,” kata Masitah.

Ia mengatakan setelah ada Pilkades akan ada kegiatan lain seperti pemilihan Gubernur (Pilgub), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Karena itu, kata dia, peningkatan kapasitas para satlinmas harus dilaksanakan agar mereka dapat menjalankan ketertiban di masayarakt secara baik.

Dalam menjalankan tugas, Wabup Paser mengatakan para satlinmas harus berkordinasi dengan berbagai pihak.

“Mereka akan berkoordianasi dengan kamtibmas, babinsa, dan Satpol PP sebagai pembina,” kata Masitah.

Kata Masitah, Satpol PP sebagai pembina Satlinmas akan bertanggung jawab dalam setiap tugas yang dilaksanakan Satlinmas.

Masitah menjelaskan pelatihan ini sebagai bentuk pengehargaan dari Pemkab Paser kepada profesi satlinmas.

“Satlinmas yang telah bekerja selama 10 tahun akan diusulkan mendapatkan penghargaan dari Bupati, sedangkan yang telah bekerja 30 tahun akan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kaltim,” ujar Masitah.

Dalam pelatihan dasar ini akan diberikan berbagai materi terkait 5 tugas pokok satlinmas yaitu menjaga ketertiban, menjaga keamanan kepada masyarakat, menjaga kelancaran Pilkada, dan kesiapan mereka jika terjadi bencana alam di daerah rawan bencana.

“Kami meminta juga satlinmas membantu pemerintah mempercepat vaksinasi, dan mensosialisasikan tentang pentingnya vaksinasi di masyarakat,” ujarnya.

Masitah menerangkan sesuai arahan Presiden di bulan November ini vaksinasi harus berada di atas 50 persen sedangakn Kabupaten Paser baru sekitar 47 persen.

“Bupati menegaskan kita secara bersama bekerja untuk mempercepat vaksinasi di bulan desember,” ucapnya.

Ia menambahkan di bulan Desember Pemkab Paser harus melakukan percepatan vaksinasi di atas 70 persen.
“ Ini tugas tambahan bagi satlinmas dan Ini tertuang di UU NO.23 TAHUN 2014,” tutup Masitah.

Pewarta : Adhitia editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *