Antisipasi Bencana, Satpol PP Paser Berikan Pembekalan Kepada Satlinmas

Tana Paser, MCKabPaser – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paser melakukan pembinaan satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dalam penanganan bencana Kabupaten Paser di GOR Satpol PP Paser, Kamis (3/8/2023).

Dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia perlindungan masyarakat tersebut diikuti oleh perwakilan dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari dua kecamatan yakni 60 Linmas dari Paser Belengkong dan Kecamatan LongKali.

Kepala Satpol PP Paser H.M Guntur menyebutkan banyak satlinmas yang hanya mengetahui fungsinya yaitu membantu dalam pengamanan lingkungan terutama menjelang pemilu serta pilkada, namun dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman adanya tugas atau peran linmas dalam urusan bencana.

“Ini jelas linmas juga punya peran penting dalam penanganan bencana tugasnya antara lain membantu menginformasikan bencana dari warga, serta membantu evakuasi pasca bencana alam,” Ujar Guntur.

Selain itu sebutnya resiko bencana alam di Kabupaten Paser masih terbilang cukup tinggi yakni banjir dan kebakaran hutan hal ini tentu dapat mempengaruhi ketahanan daerah,

” Paser saat ini masih dalam resiko bencana alam karenanya diperlukannya sinergitas lintas sektoral dan juga meningkatkan kompetensi Satlinmas, Tuturnya.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan para peserta mampu mendapatkan pengalaman atau pembelajaran dalam acara tersebut sehingga dapat diterapkan di masing masing daerah,

” Saya minta agar fokus menyerap materi yang diberikan narasumber sehingga dapat menerapkan dan membantu pemerintah daerah dalam penanganan bencana” Tutup Guntur.

Penulis : Rizki, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *