Disbunak Paser Berikan 6 Unit Alat Pemadam Kebakaran bagi KTPA Desa Padang Jaya

Tana Paser, MCKabPaser – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser memberikan 6 unit peralatan alat pemadam kebakaran bagi Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Desa Padang Jaya pada Jumat (13/10/2023).

Penyerahan peralatan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Timur Ahmad Muzzakir bersama Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser Djoko Bawono yang diterima langsung oleh Kepala Desa Padang Jaya Dzikri Zulkarnain.

Peralatan tersebut guna mengantispasi apabila terjadinya kebakaran lahan dan perkebunan dibeberapa titik di Desa Padang Jaya dan dapat juga membantu dalam bencana kebakaran.

“Ini peralatan untuk perkebunan di Desa Padang jaya jadi harapan kita ke depan alat ini bisa dioptimalkan dengan baik, sama-sama berkomitmen untuk bagaimana menjaga kawasan perkebunan ini supaya tidak mengalami kebakaran,” Kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Ahmad Muzzakir,

Ia menambahkan, sebelumnya telah dilakukanya pendidikan dan pelatihan pada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) terkait SDM di beberapa desa.

” Kami sudah adakan pelatihan pada beberapa kelompok ini kemudian kami berikan peralatan pada 2 kelompok di tahun ini, yaitu di Desa Laburan dan Padang jaya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” Ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Djoko Bawono menuturkan belakangan ini terjadinya intensitas curah hujan rendah sehingga dikhawatirkan terjadinya kebakaran lahan dan perkebunan

“Ini penting bagi kita agar mencegah kebakaran lahan, untuk itu kami berikan pelatihan dan peralatan bagi beberapa kelompok, tidak hanya dipergunakan untuk kebakaran bahkan diperbolehkan untuk kegiatan sosial lainnya,” tutur Djoko Bawono.

Selain itu dirinya menyebutkan meskipun peralatan telah tersedia, dirinya mengharapkan tidak adanya kejadian kebakaran yang menimpa lahan milik masyarakat.

” Saya harap ya tidak ada kejadian kebakaran lahan milik masyarakat, namun peralatan ini sangat penting untuk pencegahan,” Tutupnya.

Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *