Dishub Paser Gelar Inspeksi Keselamatan Kendaraan Jelang Lebaran

Tana Paser, MCKabPaser – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser melakukan inspeksi keselamatan (Ramp Check) terhadap kendaraan yang beroperasi di dalam kota, Senin (18/04/2022), guna memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang angkutan umum menjelang lebaran.

Kepala Dishub Paser, Inayatullah mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Terminal Kota Tanah Grogot tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Dishub menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Ini kegiatan rutin untuk memberikan pelayanan angkutan umum yang lebih optimal bagi masyarakat,” katanya.

Inayatullah menilai, intensitas masyarakat menggunakan kendaraan umum menjelang dan selama hari raya akan meningkat.  Oleh karena itu, Pemerintah Daerah harus memastikan kelaikan kendaraan sebelum beroperasi.

“Pengecekan kelaikan kendaraan angkutan umum ini untuk memberikan keamanan dan keselamatan pengguna angkutan,” imbuh Inayatullah.

Pemeriksaan kendaraan di Terminal Kota ini dijadwalkan selama tiga hari ke depan. Pada hari ini sebanyak 5 kendaraan  sudah diperiksa kelayakannya.

Inayatullah mengimbau kepada para pengusaha angkutan maupun sopir angkutan umum untuk segera mencek kelaikan kendaraannya serta  bukti lulus uji kendaraan agar bisa mendapat izin untuk beroperasi dalam masa menyambut Hari Raya Idul Fitri.

 “Selain itu pool kendaraan pariwisata dan pool kendaraan bus angkutan karyawan juga akan dilakukan rampcheck sesuai surat dari direktur jenderal perhubungan darat kemenhub no.Aj.501/1/9/DJPD/2022. ttg pelaksanaan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan,” kata Inayatullah.

Selain itu, di sela kegiatan tersebut, Dishub Paser mengimbau kepada para pengendara untuk mengedepankan keselamatan seperti tidak mengoperasikan telepon seluluer saat berkendara serta memastikan kondisi fisik dalam keadaan prima dan tidak kantuk.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *