Disprindagkop & UKM Gelar Bimtek PL-KUMKM

TANA PASER, MCKabPaser – Mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Sekretaris Daerah (Sekda) Katsul Wijaya membuka Bimbingan Teknis Enumenator Pendataan Lengkap Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM) Kabupaten Paser yang diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Hotel Kryad Sadurengas lantai 2, Senin (18/04/2022).

Hadir pada bimtek tersebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Hairul Saleh, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Disprindagkop Prov. Kaltim, Kepala Kepala Pusat Statistik (BPS) Paser yang juga bertindak sebagai narasumber pada bimtek ini.

Bimbingan teknis (Bimtek) yang terdiri dari 88 peserta seluruh Kecamatan se – Kabupaten Paser ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan menyampaikan aplikasi tentang pendataan satu data koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah, Sekaligus sejalan dengan visi PASER MAS yaitu meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing.

Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Katsul Wijaya dalam sambutannya mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 pasal 88 mengenai pembangunan basis data tunggal, peraturan pemerintah nomor 7 tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan KUMKM dan peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu Data Indonesia, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ditunjuk sebagai Walidata Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah (KUMKM)

Dalam upaya mempercepat basis data tunggal KUMKM perlu pendataan lengkap koperasi dan KUMKM yang dilakukan lengkap dari tahun 2022 hingga 2024 dengan target data 64 juta KUMKM di Indonesia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul wijaya

Katsul Wijaya menjelaskan tujuan pendataan lengkap KUMKM untuk memperoleh data terkait informasi pelaku usaha, informasi pengguna tenaga kerja, pasokan dan pasar, struktur pendapatan dan pengeluaran usaha

“Gambaran permodalan, prospek, kendala usaha, pengguna internet dalam usaha online,” ujar Katsul.

Pendataan lengkap koperasi dan UMKM di tahun 2022 akan dilaksanakan mulai April hingga September.

Katsul menambahkan di Kabupaten Paser target 44.000 unit data dengan melibatkan 88 petugas lapangan yang melakukan pengumpulan data.

Pemkab Paser mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.Kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Paser.

“Akan memajukan perekonomian kita dan sejalan dengan Paser MAS, yaitu mewujudkan perekonomian daerah yang mandiri dan berdaya saing,” ucap katsul.

Katsul berharap bimbingan teknis berjalan lancar dan para peserta mengikuti pelatihan dengan serius.

“Selamat menjalankan tugas dan tetap berkordinasi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah jika mendapat kendala,” ujarnya

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Hairul Saleh mengatakan Berdasarkan SK Deputi Kewirausahaan Kemenkop & UKM No. 5/2022, target koperasi dan UMKM untuk Kabupaten Paser yang didata yakni 44.000 unit, dengan jumlah enumerator sebanyak 88 orang

“Kepada para Enumerator, selamat bertugas dengan penuh tanggung jawab karena data yang terkumpul akan sangat penting artinya bagi pembangunan daerah kita” Tutup Hairul. (Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *