Komitmen Wujudkan Kota Cerdas, Pemkab Paser Gelar Rakor Percepat Implementasi Smart City

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan smart city di Kabupaten Paser, salah satunya yaitu  melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser menggelar rapat koordinasi percepatan implementasi smart city, di ruang rapat Sadurengas, Senin (18/4/2022).

Mewakili Bupati Paser Sekretaris Daerah Katsul Wijaya  membuka rapat tersebut, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Adi Maulana dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Ina Rosana.

Juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Murharianto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Romif Erwinadi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah,dan camat se- Kabupaten Paser.

Rakor ini menghadirkan narasumber dari Universitas Gajah Mada Dr. Lukito Edi Nugroho dan Dr. Nunuk Dwi Retnandari.

Sekda Paser Katsul Wijaya dalam sambutan Bupati  Paser mengatakan pembangunan kawasan Paser Smart City sudah seharusnya bisa kita realisasikan.

“Hampir semua aktifitas masyarakat sekarang ini tidak bisa lepas dari teknologi terutama yang menyangkut kegiatan perekonomian dan pendidikan, ” ujarnya.

Menurutnya konsep smart city di era revolusi industri dan society sekarang ini menjadi suatu keharusan seiring dengan meningkatnya kecerdasan masyarakat yang menuntut adanya pembaharuan di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Pembangunan smart city, lanjut dia tidak bisa diwujudkan oleh pemerintah daerah saja, namun perlu dukungan semua pihak diketahui Kalimantan Timur menjadi kawasan Ibu Kota Negara Baru.

“Tentu hal itu menjadi motivasi untuk kita agar mempersiapkan diri saat Ibu Kota Negara Baru nanti pindah, sehingga segala kebutuhan penunjang bisa dengan mudah di akses serta dinikmati masyarakat kawasan IKN,” tuturnya

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Ina Rosana

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Ina Rosana mengatakan visi dan sasaran smart city yang tercantum dalam dokumen perencanaan tersebut yakni Menuju Kabupaten Paser Maju, Adil dan Sejahtera dengan Kecerdasan yang Harmonis tentunya hal ini memiliki visi yang bersinergi untuk  mendukung visi kabupaten paser yaitu Paser MAS.

Dengan mewujudkan Perekonomian daerah yang mandiri dan Berdaya Saing sehingga dapat meningkatkan Pertumbuhan ekonomi yang mandiri dan Berdaya saing.

“Dokumen perencanaan tersebut diantaranya analisa trategis, master plan smart city, exekutive summary, quick wins smart city, ” kata Ina.

Ia menjelaskan maksud dan tujuan dari rakor ini adalah merumuskan langkah-langkah percepatan implementasi smart city melalui program quick wins.

“Masing-masing perangkat daerah menindaklanjuti hasil rumusan dari rakor ini sebagai implementasi quick wins smart city,”  ungkapnya.

Ina menambahkan pada rakor ini mengutamakan program quick wins yang merupakan program unggulan pembangunan smart city daerah, terdiri dari 6 dimensi smart city diantaranya, Smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society, Smart Environment.

Quick wins smart city adalah program-program dalam waktu cepat dilaksanakan.

“Hal ini membawa dampak perbaikan secara langsung oleh masyarakat,” tukasnya.

“Saya harap memang kita dengan kondisi keuangan yang ada saat ini, kita tidak harus mengalokasikan dana yang besar tetapi dengan adanya aplikasi ataupun teknologi yang sudah kita terapkan selama ini tinggal bagaimana mensosialisasikannya,” harap Ina.

Dengan terselenggaranya rakor ini Kabupaten Paser sudah memulai untuk menerapkan smart city berdasarkan master plan yang sudah disusun.

“Tentu ini dilakukan secara bertahap, apakah itu nanti fokus untuk Kecamatan saja atau tetap kita laksanakan dengan 6 dimensi smart city,”tutupnya. (Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *