DKISP Paser Ikuti Workshop Manajemen Komunikasi Krisis

SAMARINDA, MCKabPaser – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser yang diwakilkan Kepala Bidang IKP Asnan Latief mengikuti workshop manajemen komunikasi krisis yang digelar Diskominfo Provinsi Kaltim di Hotel Aston Samarinda, Selasa (18/10/2022).

Workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) komunikasi pemerintah daerah yang penting dalam manajemen komunikasi krisis.

Kegiatan dengan tema pemetaan isu dan penanganan krisis tersebut mengundang seorang pakar sebagai narasumber dari Jakarta Emilia Bassar, serta dihadiri Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Diskominfo se – Kaltim serta seluruh peserta workshop.

Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal dalam sambutannya mengatakan pentingnya manajemen isu dan krisis terutama di Instansi Pemerintahan. Hal ini dilakukan untuk pengambilan keputusan berupa aksi strategis yang efektif untuk menjawab suatu permasalahan.

“Bahwa krisis dimulai dari hal – hal yang dianggap kecil dan sepele. Untuk itu perlu pengetahuan untuk mengindentifikasi dan cara mengelola isu agar tidak menjadi krisis,” kata Faisal.

Faisal pun meminta kepada perangkat daerah di lingkup pemerintah provinsi dan juga kabupaten/kota untuk peka terhadap beredarnya isu, sehingga tidak berkembang menjadi krisis dan menimbulkan permasalahan.

Adapun narasumber Emilia Bassar menyampaikan tentang pentingnya identifikasi dan penangganan krisis, komunikasi dan memahami publik, dampak krisis, dan penyusunan program, pembentukan tim krisis, dan perumusan tindakan penanganan krisis.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan simulasi dari peserta workshop dalam perumusan krisis, penentuan juru bicara, dan perumusan aksi atau tindakan dalam mengatasi krisis.

Penulis : Asnan Latief

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *