Menuju desa digital, operator SID di Batu Engau ikuti Workshop

BALIKPAPAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya membuka workshop dan pelatihan operator sistem informasi desa (SID) bagi pejabat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Kecamatan Batu Engau. Kegiatan yang digelar Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Batu Engau itu dilaksanakan di hotel Golden Tulip Balikpapan, pada 7-10 September 2023.

Tujuan digelarnya kegiatan ini dalam rangka mewujudkan desa digital yang mengusung konsep pembangunan desa yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan komunikasi guna meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat desa.

Keberadaan desa digital untuk meningkatkan akses teknologi informasi dan komunikasi di pedesaan, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi percepatan pertumbuhan ekonomi dan penguatan partisipasi masyarakat peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan desa. Selain itu terwujudnya desa cerdas yakni pengembangan dan pengelolaan desa yang menggunakan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan diperlukan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan pemerintah desa dalam mewujudkan Desa digital dan desa cerdas teknologi informasi dan komunikasi.

Ia menuturkan dalam pembangunan dan pengelolaan desa hendaknya menggunakan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup orang dan kesejahteraan masyarakatnya dengan aspek inklusif, berkelanjutan, dan inovatif.

“Agar pelayanan publik meningkat dan masyarakat desa sejahtera. Kami harapkan desa dapat memperbaharui data dan informasi agar mudah diketahui masyarakat,” kata Katsul.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan itu antara lain sistem informasi desa menuju desa digital, pengelolaan data kependudukan, pemanfaatan data statistik penduduk untuk perencanaan pembangunan desa menggunakan aplikasi openSID, layanan surat , website desa, peta desa digital, dan buku administrasi desa.

“Kami mengapresiasi BKAD Batu yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan ini dalam rangka mendukung desa pintar dan desa digital,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Ina Rosana.

Ina menyampaikan dukungan Diskominfostaper menuju desa digital dan smart village tahun 2023 dengan melakukan peningkatan internet Desa, pembangunan jaringan telekomunikasi, dan aplikasi SITIK untuk menunjukkan ketersediaan jaringan telekomunikasinya.

Selain itu telah dibangun platform digital, aplikasi e-kecamatan, informasi manajemen desa, website desa, dan pembinaan kelompok informasi masyarakat serta PPID kecamatan.

“Kami tingkatkan sumber daya manusia dengan pelatihan dan pembinaan penggunaan website desa dan pelatihan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM),” katanya.

Infrastruktur internet desa bantuan provinsi Kaltim pada 2022 telah dibangun di 11 desa. Untuk di Batu Engau, ada dua desa yang mendapat program tersebut.Saat ini sudah terbentuk 38 KIM dan 15 KIM diantaranya dalam proses pembentukan. Di kecamatan Batu Engau sudah terbentuk 4 KIM.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *