Fakhril Tsaglif dan Novellya Juara Duta GenRe, Wakili Paser di tingkat Kaltim

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar Grand Final Apresasi Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2024, di hotel Kryad Sadurengas, Kamis (02/04/2024).

Penilaian dilakukan juri dari lintas instansi seperti Polres Paser, BKKBN Provinsi Kaltim, dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan, kegiatan yang diikuti 14 Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) telah menghasilkan tiga terbaik putra-putri.

“Juara pertama dari putra dan putri akan mewakili Kabupaten Paser dalam lomba duta GenRe tingkat Provinsi Kaltim,” kata Amir Faisol.

Adapun nama-nama para juara loma Duta GenRet Kabupaten Paser tahun 2024 kategori putra adalah juara pertama Fakhril Tsaglif Riyadi dari dari PIK R Meraki, untuk juara kedua yaitu Glenn Heyliamikri Mantow dari PIK R Membara, dan juara ketiga Abiyyu Dzaky Permadi dari PIK R A-BOO.

Selanjutnya, juara lomba Duta GenRe putri adalah juara pertama Novellya Diah Citra Sistanaya asal PIK R Gemilang, kedua Zahra Nahdatuli Ummah dari PIK R Oceanum, dan juara ketiga Makasya Yelove Yudhangkara asal PIK R TAKA.

Amir mengatakan PIK-R atau Pusat Informasi dan Konseling Remaja merupakan kelompok remaja yang menyajikan informasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

Dikatakan, melalui duta GenRe ini, Pemkab Paser menginginkan mereka dapat menjadi duta yang menyosialisasikan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, menciptakan remaja yang bebas narkoba, pergaulan bebas, dan HIV/AIDS.

Indikator penilaian bukan hanya pada aspek kecerdasan saja, tetapi juga pada aspek emosional.Pemkab Paser menargetkan bisa mempertahankan status juara Duta Genre tingkat Provinsi Kaltim yang pernah diraih pada tahun 2023. Dimana pada tahun lalu Duta GenRe Putra berhasil keluar sebagai juara pertama dan Duta GenRe Putri keluar sebagai juara kedua.

“Harapan kami nantinya di tahun 2024 ini, mereka bisa keluar sebagai juara pertama baik untuk kategori putra dan putri,” tutur Amir.

Pewarta: Mahmud, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *