Festival Panen Hasil Belajar Lokakarya ke-7 Guru Penggerak Angkatan 4

TANA PASER, MCKabPaser – Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kalimantan Timur Wiwik Setiawati mengatakan Festival Lokakarya ke-7 ini adalah puncak panen hasil belajar Calon Guru Penggerak (CGP).

“Di festival ini para CGP memamerkan inovasi-inovasi hasil karyanya kepada pengunjung stand,” kata Wiwik.

Ia menjelaskan Guru Penggerak ini merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan RI.

Di mana CGP ini dibekali dengan kepemimpinan pembelajaran, bagaimana melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Yang mampu mewujudkan rasa nyaman peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.

Program Guru Penggerak ini lanjut Wiwik, sebagai salah satu implementasi amanat dari Permendikbud nomor 40 tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.

“Jadi salah satu syarat untuk menjadi kepala sekolah adalah harus memiliki sertifikat Guru Penggerak,” ujarnya.

Oleh karena itu tambah Wiwik dipandang perlu keterlibatan dari Pemerintah Daerah untuk mensupport inovasi-inovasi yang sudah dibuat oleh para CGP pada festival hasilnpanen ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser M. Yunus Syam mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur sekali, karena proses dari pelatihan bagi CGP ini sudah selesai.

“Hari ini adalah puncaknya dan mereka mengapresiasikan apa yang mereka dapatkan yang dilakukan dengan pameran seperti ini,” ungkapnya.

Dikatakan Yunus bahwa Kabupaten Paser adalah kabupaten satu-satunya yang menerapkan 100 persen kurikulum merdeka.

“Dengan kehadiran CGP ini semoga bisa membagikan ilmu mereka kepada guru yang lain, dikarenakan guru-guru di Paser harus diberi pemahaman tentang kurikulum merdeka ini,” harapnya.

Sementara mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya dalam sambutannya mengatakan Pemkab Paser mengapresiasi kreatifitas para CGP.

“Melalui kegiatan ini dapat mencetak siswa, guru dan kepala sekolah yang unggul dan berdaya saing sesuai dengan visi Kabupaten Paser, Paser MAS, Maju, Adil dan Sejahtera,” kata Katsul saat membuka festival hasil panen, di Loby Disdikbud Paser, Minggu (16/10/2022).

Festival yang di gelar 15 hingga 16 Oktober 2022 ini juga dihadiri Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Amri Yulihardi, Sekretaris Disdikbud Paser Agus Wintoro, Para pimpinan perusahaan, para kepala sekolah dan para guru.

Penulis : Asmaul, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *