Hadiri Halal Bihalal DTPH, Bupati Harap Pertanian Menjadi Tulang Punggung Perekonomian Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menghadiri Halal Bihalal yang di selenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Paser di Pendopo Kabupaten, Rabu (11/05/2022).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Erwan Wahyudi, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Djoko Bawono, Kepala Bappedalitbang M. Isnaini Yanuardi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Achmad Safari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Taharuddin serta Penyuluh Pertanian Lapangan se – Kabupaten Paser

Acara halal bihalal ini mengusung tema merajut kebersamaan untuk menghadirkan inovasi dan kreativitas pada setiap ruang pertanian menuju Paser Maju, Adil, Sejahtera (MAS).

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli (nomor satu dari kiri) saat memberikan sambutan pada halal bihalal di Pendopo Kabupaten, Rabu(11/5/2022).

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dalam sambutannya mengucapkan melalui momen ini kami atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

“Terimakasih kepada hadirin yang bersedia hadir dengan maksud menjalin silahturahmi dengan insan-insan pertanian sesuai tema kegiatan,” Ucap dr. Fahmi Fadli.

Selama 2 tahun ini kata dr. Fahmi Fadli Pemerintah Kabupaten Paser telah berjuang melawan pandemi Covid-19 dan dengan kerjasama semua pihak kita dapat merasakan hasilnya.

“Aktivitas ekonomi masyarakat kembali menggeliat, sekolah sudah tatap muka dengan pembatasan protokol kesehatan,” kata dr. Fahmi Fadli.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menjelaskan untuk menuju Paser MAS, dalam dokumen RKPD Paser tahun 2023 telah disusun tema pembangunan yaitu pengembangan industri pengolahan berbasis pertanian untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Kita lebih banyak mengambil persedian pangan dari luar artinya produksi pangan cendurung kurang dan tidak stabil,” kata dr. Fahmi Fadli.

Untuk melaksanakan tema diatas perlu program prioritas yaitu 1. Peningkatan perekonomian yang mandiri berbasis pertanian 2. Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pemerintahan yang partisipatif 3. Peningkatan layanan infrasturktur dan kualitas pengelolalan lingkungan hidup 4. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli (tengah) berfoto bersama keluarga besar Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Paser

Dalam acara halal bihal ini Bupati Paser dr. Fahmi Fadli juga menekankan kepada para pengawas untuk mengawasi kegiatan di lapangan yaitu :

  1. Peningkatan produksi pertanian secara umum, khususunya menjadikan Paser lumbung pangan.
  2. Penurunan Desa Rawan Pangan,
  3. Peningkatan Pendapatan Petani dan masyarakat.
  4. Penyerapan tenaga kerja di bidang pertanian
  5. Pengadaan sarana dan Prasarana pendukung produktivitas pertanian
  6. Menjadikan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) menjadi BPP locus komuditas seperti BPP Tanah Grogot menjadi BPP Edu Agro Wisata,
  7. Menjadikan BPP menjadi sentra konfirmasi bagi petani.

Bupati pun berharap untuk sektor pertanian semoga semakin berperan penting dan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Paser.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Erwan Wahyudi berterimakasih kepada Pemkab Paser atas terselenggaranya Acara halal bihalal ini.

Pemkab Paser kata Erwan telah memberikan anggaran besar khusus untuk DPTH sebesar Rp 61.876.059.371,- pada tahun 2022 dan Rp18.420.218.131,- di tahun 2023.

Ia pun menjelaskan ada 101 penyuluh pertanian yang tersebar di Desa pada 10 Kecamatan Kabupaten Paser.

“Diharapkan para penyuluh tetap semangat agar Paser MAS terwujud,” tutup Erwan.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Total Views: 21 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *