Wabup Masitah Terima Tim Penilai Panji-panji Perpustakaan, Yusuf Sumako : Ini Adalah Tahun Keemasan Diskarpus Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Sebagai bentuk apresiasi bagi kabupaten /kota yang telah berhasil melaksanakan program pembangunan di bidang perpustakaan, Pemprov Kaltim melaksanakan penilaian pembangunan bidang perpustakaan. Dari hasil penilaian tersebut, setiap kota yang berhasil akan menerima Panji Keberhasilan Bidang Perpustakaan.

Penilaian dilaksanakan secara on the spot di seluruh kabupaten/kota di Kaltim termasuk Kabupaten Paser.

Wakil Bupati Paser didampingi Bunda Literasi Sinta Fahmi Fadli dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Paser Yusuf Sumako (Diskarpus) menerima Tim Penilai Panji-panji pembangunan Bidang Perpustakaan tahun 2022 dari Provinsi Kaltim sebanyak tiga orang, diantaranya Syafruddin Ketua Dewan Juri, Encik Widyani dan Erma Wulandari.

Turut hadir juga Kepala Dinas Kominfostaper Paser Ina Rosana, Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa Candra Irwanadi, Kepala Bagian Prokofim Abdul Kadir, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser Kasrani dan Pimpinan Bankaltimtara Cabang Paser Yudhi Susatyo.

Bupati Paser dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan, Keberadaan perpustakaan sangat penting untuk penyediaan bahan bacaan yang berbasis pengetahuan, hiburan dan informasi bagi masyarakat dimana perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan yang juga harus mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan kecanggihan teknologi.

“Memajukan keperpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat adalah bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Paser  dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang Berdaya Saing sebagai wujud visi Kabupaten Paser, Paser MAS, Maju, Adil dan Sejahtera,” kata Wabup Masitah mewakili Bupati Paser menerima tim penilai panji-panji perpustakaan, di Ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Senin. (22/8/2022).

Dengan masuk lima besar dalam penilaian panji-panji pembangunan bidang perpustakaan Masitah berharap Kabupaten Paser dapat meraih juara pertama.

“Semoga tahun ini Paser bisa meraih juara pertama,” harapnya.

Kepala Diskarpus Yusuf Sumako menyebutkan tahun ini merupakan tahun keemasan bagi Diskarpus Paser, karena pada 2022 ini Diskarpus Paser telah meraih sejumlah juara.

Peraihan tersebut diantaranya, juara satu pengawasan tingkat Kaltim, meraih tata kelola panji-panji kearsipan tingkat Kaltim dan mewakili Kaltim ke tingkat Nasional transportasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Saya bermimpi tahun ini akan mengawinkan panji-panji kearsipan dan perpustakaan,” sebutnya.

Sementara, Bunda Literasi Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Ia akan melakukan beberapa program literasi yang berbasis digital di Kabupaten Paser, diantaranya dengan memanfaatkan beberapa media sosial, yaitu dengan menggelar lomba membaca yang diupload di Tik tok dan lomba vlog.

“Insyaallah dengan program yang akan kami lakukan ini dapat mensukseskan program literasi di Paser,” ujar Sinta.

Sinta mengakui tidak dapat bekerja sendiri, oleh karenanya dalam waktu dekat ini Ia akan membentuk Pokja literasi untuk membantu dan mendukung program kerja Bunda Literasi.

“Dalam waktu dekat ini Pokja literasi akan segera dilantik,” Ucapnya.

Selain menerima kunjungan tim penilai panji-panji Bidang perpustakaan, juga dirangkai dengan penyerahan bantuan dari Bankaltimtara Cabang Paser berupa 1 unit sepeda motor perpustakaan keliling (Pusling), meja baca dan kursi sebanyak lima buah oleh Bunda Literasi Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli, S.AP kepada Diskarpus Paser.

(Tim Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser)

Total Views: 48 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.