HUT Koperasi,  Pemda Paser  Terus Tingkatkan SDM Pengelola Koperasi

Tana Paser – Setiap tanggal 12 Juli, Pemerintah memperingati Hari Koperasi Indonesia. Pada peringatan Hari Koperasi tahun 2023 ini, Pemerintah mengusung tema “Bangga berkoperasi indonesia maju.”

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Yusuf, mengatakan Pemerintah Kabupaten Paser terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia atau SDM pengelola koperasi.

“Pemda Paser melalui para pendamping koperasi di lapangan pada tahun ini telah dua kali melakukan pembinaan kepada pengurus koperasi,” katanya, Rabu (12/7).

Data Disperindagkop Paser dari 336 koperasi, baru 27 koperasi atau  sekitar delapan persen yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Banyak koperasi yang belum melaksanakan RAT, dikarenakan sebagian pengurus tidak memahami bagaimana manajemen laporan keuangan koperasi.

“Melalui pelatihan yang dilaksanakan, koperasi yang menggelar RAT setiap tahunnya akan meningkat. Sehingga kepercayaan anggota terhadap pengurus koperasi juga semakin bertambah,” ujarnya.

Persaingan di era digitalisasi saat ini menuntut koperasi harus lebih maju dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Dengan demikian koperasi sebagai badan usaha bisa bersaing dengan pelaku ekonomi lain.

“Yang paling utama diperlukan, koperasi harus dikelola secara profesional serta tanggungjawab agar bisa terus berkembang,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan dari 336 koperasi, 175 diantaranya masih aktif, dan 161 koperasi tidak aktif. Salah satu persoalannya karena pengelolaan koperasi.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *