Lepas 58 Mahasiswa KKN UMKT, Wabup Masitah Harap Kampus Cetak SDM Cerdas dan Berdaya Saing

Tana Paser, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf secara simbolis melepas 58 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) Fakultas Pertanian dan Bisnis Digital Tanah Grogot. Acara dilaksanakan di Kampus Fakultas Pertanian dan Bisnis Digital, Senin (31/7/2023).

Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan KKN ini dan berharap dunia pendidikan khususnya UMKT dapat membantu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berdaya saing guna mewujudkan PASER MAS (Maju, Adil, dan Sejahtera).

Masitah berpesan kepada mahasiswa KKN UMKT yang tersebar di 6 Desa 5 Kecamatan agar dapat memberikan wawasan kepada masyarakat.

“Sampaikan ke masyarakat Pemkab Paser sedang giat melakukan pembangunan di bidang infrastruktur jalan, sektor pertanian dan sektor pariwisata,” ujar Masitah.

Masitah menjelaskan desa-desa yang ada di Kabupaten Paser memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya sosial. Dengan ini para mahasiswa KKN dapat menerapkan ilmunya, berlatih berkomunikasi dengan masyarakat dan membantu program pemerintah di berbagai bidang seperti kesehatan dan pendidikan.

Masitah juga meminta kepada para camat dan kepala desa agar bisa membantu mensukseskan program yg dibawa oleh mahasiswa KKN.

“Karena kami yakini semua mahasiswa KKN adalah generasi yang mampu melakukan perubahan yang lebih baik untuk Kabupaten Paser dimasa mendatang,” tutur Masitah.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian dan Bisnis Digital UMKT Tanah Grogot mengatakan UMKT Paser akan menyebarkan 58 mahasiswa KKN yang terbagi 6 kelompok dan tersebar di 5 Kecamatan dan 6 Desa.

Ke 6 kelompok mahasiswa itu terbesar di Kecamatan Tanah Grogot yakni desa Rantau Panjang, desa Sempulang, Kecamatan Paser Belengkong yakni desa Keresik Bura, Kecamatan Muara Samu yakni di Desa Muser, Kecamatan Batu Sopang yakni di Desa Songka, dan Kecamatan Muara Komam yakni di Desa Sekuan Makmur.

KKN UMKT kali ini mengambil tema diversifikasi pangan berbasis komoditi lokal, artinya potensi pangan lokal yang bisa di angkat itu yang kita bantu dan akan dilaksanakan selama 2 bulan sejak 2 Agustus hingga 30 September 2023.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *