Maksimalkan Pemanfaatan Internet Di Lingkup Pemkab, DKISP Paser Gelar Sosialisasi

TANA PASER, MCKabPaser – Guna memaksimalkan pemanfaatan jaringan internet di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser menggelar sosialisai kepada 75 peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Se-Kabupaten Paser.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan di era digitalisasi semua menuntut pelayanan cepat, murah, transparan dan akuntabel oleh karena itu kehadiran operator sangat dirasakan manfaatnya sehingga kehadiran internet sangat penting.

Khusus di sektor pemerintahan Pemkab Paser bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia tbk wilayah Balikpapan telah menggagas bagaimana seluruh perangkat daerah sampai ke Kecamatan,kelurahan, UPTD dan sekolah-sekolah itu difasilitasi ketersediaan internet.

Ina menjelaskan saat ini pengembangan jaringan Fiber Optik (FO) di Kabupaten Paser terdiri dari tiga  bagian, diantaranya ring satu adalah jaringan FO mencakup perangkat daerah yang terintegrasi dalam komplek perkantoran Pemkab Paser, ring dua mencakup perangkat daerah di luar komplek perkantoran, dan ring tiga jaringan FO yang menjangkau kantor kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Paser.

“Ada 313 titik layanan yang difasilitasi Pemkab Paser melalui DKISP yang meliputi Perangkat Daerah dan unit kerja lainnya, dengan kapasitas bandwidth terpasang tahun 2022 lebih kurang 7000 Mbps” kata Ina.

Untuk itu lanjut Ina, pihaknya melakukan sosialisasi pemanfaatan jaringan internet ini agar seluruh perangkat daerah, kecamatan, kelurahan, UPTD dan sekolah-sekolah bisa mengikuti sosialisasi ini dengan baik.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini semua perangkat daerah dan unit kerja di lingkungan Pemkab Paser bisa memahami bagaimana menggunakan serta memanfaatkan jaringan internet yang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk pengelolaan administrasi keuangan.

“Diharapkan internet yang difaslilitasi pemerintah ini jangan digunakan untuk yang lain-lain sehingga kuota yang kita berikan pasti tidak cukup, inilah kenapa kita perlu melaksanakan sosialisasi agar seluruh peserta bisa manfaatkan internet dengan efisien dan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sosialisasi yang dihadiri para Kepala OPD, Para Camat, Lurah dan peserta lainnya dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya mewakili Bupati Paser, di Ruang Rapat Sadurengas Kantor Bupati Paser, Kamis (3/11/2022).

Bupati Paser dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Katsul Wijaya berharap dengan adanya kegiatan ini akan menjadi titik terang bagi Pemkab Paser dalam memanfaatkan secara optimal jaringan internet untuk keperluan kegiatan pembangunan di Kabupaten Paser terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Ia menyebutkan bahwa pembangunan tidak akan berhasil jika dilakukan satu pihak saja maka pemerintah Kabupaten Paser merasa perlu bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pembangunan yang sejalan dengan visi Paser MAS yaitu paser yang maju, adil dan sejahtera.

“Sosialisasi PT Telkom hari ini merupakan bukti konkrit bagi kami untuk memaksimalkan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi komunikasi melalui jaringan internet serta bagaimana dan sejauh mana peran Telkom dalam mengambil posisi dan berinovasi,” ujarnya.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari DKISP Paser, Witel Telkom Balikpapan dan Witel Telkom Tanah Grogot.

Penulis : Asmaul, Editor : Rizal

Total Views: 15 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *