Paser Daerah Pertama Di Indonesia Terapkan SP2D Online Secara Penuh Pada SIPD

JAKARTA, MCKabPaser – Kepala Bidang Sistem Pengelolaan Informasi Pusdatin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yeni Indah Susanti mengatakan hanya Kabupaten Paser yang pertama menerapkan Surat Perintah Pencarian Dana (SP2D) online yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kemendagri.

Ia menerangkan, SIPD itu diterapkan untuk seluruh daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan,  Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP).

“Memang SIPD ini diterapkan  kepada 542 daerah tapi tidak semua menerapkannya secara penuh,  hanya Kabupaten Paser saja yang menerapkan sistem ini secara penuh,” kata Yeni.

Yeni mengungkapkan sebenarnya ada dua proyek percontohan dalam penerapan SP2D online ini yaitu Kabupaten Paser dan Kota Semarang secara bersamaan.

“Tetapi yang paling dulu menerapkan SP2D online adalah Kabupaten Paser,” ungkapnya saat pertemuan soal penerapan SP2D online pada SIPD di Pemerintah Kabupaten Paser, di kantor cabang Bankaltimtara Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2022).

Direktur Operasional Bankaltimtara Muhammad Edwin memberikan Apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Paser karena sudah menerapkan SIPD secara penuh baik dari Penganggaran sampai dengan Penatausahaan untuk mengoptimalkan Implementasi penggunaan SIPD Kemendagri.

Dikatakan Edwin, hal itu dak mungkin dapat dilakukan jika pemimpinnya tidak berani mengambil perubahan, artinya Bupati Paser dr. Fahmi Fadli telah mampu menjadi pemimpin perubahaan dalam penatausahaan keuangan daerah.

“Dengan menjadikan Kabupaten Paser yang pertama di Kaltim bahkan Indonesia dalam implementasi SP2D Online pada SIPD yang terintegrasi dengan Aplikasi SP2D Online PT. Bankaltimtara,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meminta kepada seluruh jajarannya untuk secepatnya menyesuaikan dengan kemajuan ini. Agar pelaksanaan penataausahaan keuangan dapat lebih transparan, akuntabel, efesien dan eefektif.

“Seluruh jajajaran agar akrab dengan kemajuan teknologi informasi khususnya SP2D online ini, sehingga pertanggungjawaban keuangan daerah lebih akuntabel,” pungkasnya.

Selain dihadiri Bupati Paser dr.Fahmi Fadli, Kepala Bidang Sistem Pengelolaan Informasi Pusdatin Kemendagri Yeni Indah Susanti dan Direktur Operasional Bankaltimtara Muhammad Edwin.

Kegiatan itu juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Pimpinan TI Bankaltimtara Yeni Israwati, Pimpinan Bankaltimtara Cabang Tana Paser Yudhi Susatyo, perwakilan BKAD Kabupaten Paser serta jajaran Bankaltimtara.

Penulis: Asmaul, Editor: Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *