Pemkab Apresiasi Program Canting Di Kabupaten Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser mengucapkan terima kasih dan  mengapresiasi peran serta seluruh pihak yang telah terlibat dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Paser.

Salah satunya Kick-off Program Cegah dan Tangani Stunting (Canting) berkelanjutan di Kabupaten Paser ini yang diinisiasi oleh Indika Energy dan PT. Kideco Jaya Agung

Tanpa kerja terpadu dari Pemerintah, stakeholder dan seluruh masyarakat akan sangat sulit mencapai target yang diharapkan.

Hal ini disampaikan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat menghadiri Kick-off Program Cegah dan Tangani Stunting (Canting) berkelanjutan di Kabupaten Paser, di Gedung Serba Guna Desa Janju, Selasa (14/3/2023).

Menurut SSGI (Survei Status Gizi Indonesia), Pada tahun 2022, Kabupaten Paser prevalensi stunting nasional menjadi 24,9%. Yang sebelumnya diangka 23,6%. Ada kenaikan 1,3 poin dari tahun sebelumnya. Posisi tersebut  berada diatas angka stunting nasional maupun provinsi.

“Alhamdulillah, di Kabupaten Paser,  strategi yang dilakukan dalam penurunan stunting yaitu melalui tim pendamping keluarga dengan melakukan pemeriksaan kepada pasangan yang baru menikah, ibu hamil dan  pasangan yang akan menikah,” ujar Fahmi.

Untuk tim pendamping keluarga sebanyak 3 orang yang melakukan survey ke desa-desa dengan responden pasangan yang baru menikah, ibu hamil dan  pasangan yang akan menikah. Tim yang diturunkan ke desa sebanyak 192 tim dengan masing – masing tim terdiri dari 3 (tiga) orang.

“Selain itu juga dilakukan pemeriksaan tinggi badan, berat badan dan lingkar lengan. Tim pendamping yang diturunkan terdiri dari bidan, penggerak PKK dan petugas KB,” katanya.

Dengan dilakukan Kick-off Program Canting berkelanjutan ini dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Paser, sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing.

“Semoga upaya ini dapat tetap kita jalankan secara bersama-sama guna mewujudkan generasi muda yang berdaya saing untuk Kabupaten Paser Yang Maju, Adil dan Sejahtera,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Kabupaten Paser, Saudara Hendra Wahyudi, Komandan Kodim 0904/Paser Letkol Inf Ary Susatyo, Kapolres Paser AKBP. Kade Budiyarta, S.I.K, Sekretaris Daerah Katsul Wijaya, Kepala Dinas Kesehatan dr. I Dewa Made Sudarsana, Kepala Dinas DPPKBP3A Amir Faisol, Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, dan Kepala Desa Janju Edi Karyadi.

Turut hadir pula Komisaris Indika Energy Eko Putro Sandjojo, Vice President Director dan Group CEO Indika Energy Azis Armand, Direktur Indika Energy, Retina Rosabai, Presiden Direktur Kideco Jaya Agung, M. Kurnia Ariawan, Advisor Indika Nature, Doni Monardo dan CEO Indika Nature Leonardus Herwindo. MCKabPaser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *