DPMD Nilai Enam Desa Terbaik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Tana Paser – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Paser melakukan penilaian terhadap enam desa dalam kegiatan lomba desa.

Kepala DPMD Kabupaten Paser Chandra Irwanadi mengatakan lomba desa dilakukan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

“Ada beberapa poin yang kita nilai di lomba desa untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan,” kata Chandra, Jumat (12/5).

Chandra mengatakan ada enam desa yang dinilai dalam lomba desa tahun ini antara lain Desa Sempulang, Mendik, Suliliran Baru, Muara Kuaro, Muser, dan Saing Prupuk.Penilaian, lanjut Chandra, telah dilakukan tim juri kepada seluruh desa tersebut.

“Masih dilakukan penilaian belum ada pemenangnya,” ucap Chandra.

Sementara indikator penilain lomba meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, dan pemerintahan.

DPMD Paser, lanjut Chandra juga menilai terhadap lembaga, kemasyarakatan, administrasi, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Chandra menambahkan dalam penilaian lomba ini DPMD Paser mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 tahun 2015.

“Dalam Permendagri tersebut sudah ditentukan kuisioner yang harus diisi setiap desa. Dari situ akan diketahui bagaimana penyelenggaraan pemerintahan setiap desa,” ujarnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *