Pemkab Paser Terima Anugerah Mitra Strategis Dalam Pengembangan Ekonomi Daerah

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menerima anugerah mitra strategis dalam pengembangan ekonomi Daerah. Penghargaan tersebut langsung diterima Bupati Paser dr. Fahmi Fadli yang diberikan Bank Indonesia Wilayah Cabang Balikpapan dalam kegiatan Desiminasi ekonomi regional tahunan dan Apresiasi tahun 2022, Kamis (1/12/2022).

Kabupaten Paser menerima anugerah tersebut bersama mitra strategis lainnya yakni wilayah Balaspena Balikpapan, Paser, dan Penajam Paser Utara, yang di serahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bambang Setyo Pambudi.

Pada kesempatan terus hadir pula Plt. Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam dan Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bambang Setyo Pambudi menyebutkan perkembangan ekonomi Kabupaten Paser pada tahun 2021 terus bertumbuh positif diangka 5,41% dan di perkirakan pada tahun 2023 perekonomian Paser masih akan mengalami pertumbuhan.

“melihat ditahun 2022 ini masih akan terus meningkat hingga tahun 2023, sejalan dengan usaha utama pertambangan,” Kata Bambang.

Selain itu sumber perekonomian Kabupaten Paser saat ini masih pada sumber pertambangan dan penggalian yakni menyumbang 70,95% dari Produk domestik regional bruto (PDRB) Kabupaten Paser yang diperkirakan akan terus tumbuh.

“Selain pertambangan itu juga ada potensi yang akan terus berkembang yaitu pertanian, kehutanan,dan perikanan yang saat ini 12,02 %,” ucapnya.

Ditambah lagi geliat ekonomi masyarakat, sebutnya pedagang besar dan eceran sebanyak 3,73 % diperkirakan akan terus tumbuh.

Sementara itu terdapat juga potensi dari sektor pengolahan yang saat ini telah mencapai 5,28% ditengah harga komunitas sawit yang tinggi.

“Salah satunya sawit yang diperkirakan akan terus meningkat ditengah harga komoditas sawit, permintaan yang kuat dan kinerja industri pengolahan yang akan terus tumbuh” Ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan tersebut.

Penulis : Rizki, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *