Rakernas APKASI, Pemkab Paser Manfaatkan Potensi Perekonomian Lokal

Tangerang – Kepala Bagian Perekonomian Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser, Paulus Margita, mengatakan Pemerintah Kabupaten Paser terus mendorong tumbuhnya investasi dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah.

Hal itu ia sampaikan usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin, di International Convention Center (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Kamis (20/7).

“Kabupaten Paser terbuka bagi para investor dan kami mendorong agar ada investasi yang bisa meningkatkan perekonomian daerah,” kata Paulus.

Sebagai daerah otonom, lanjut dia, Kabupaten Paser bisa mengelola anggaran yang ada pada APBD untuk kemajuan daerah.

“Pesan Bapak Wakil Presiden, agar Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan potensi usaha lokal agar bisa bersaing di tingkat nasional,” ujarnya. Ia menambahkan kemajuan teknologi hendaknya dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk unggulan khas Kabupaten Paser.

Pemkab Paser, kata dia, akan mengoptimalkan potensi perekonomian mulai dari tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan. Pasca pandemi Covid-19 pada tahun 2021, perekonomian Kabupaten Paser mengalami pertumbuhan di angka 5,1 persen.

Pertumbuhan tidak terlepas dari sektor batu bara yang merupakan penyumbang pendapatan terbesar. Meskipun demikian, sektor UMKM juga dinilai memiliki peran dalam memulihkan perekonomian daerah, dan kegiatan-kegiatan stabilisasi pangan yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

“Contohnya Yogyakarta bisa memulihkan perekonomian yang pada saat itu sektor pariwisatanya juga hancur karena orang-orang tidak boleh beraktivitas. Pemulihan ekonomi dilakuka melalui sektor UMKM,” tutup Paulus.

Rakernas APKASI tahun ini dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku, dan Penjabat Gubernur Banten Ali Muktabar.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *