Rakor Smart City Paser, Wujudkan Pelayanan Efektif dan Bebas KKN

Balikpapan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser menggelar Rapat Koordinasi (rakor) Dewan Smart City sekaligus sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Kota Balikpapan, Rabu (8/5/2024). Rakor ini dihadiri para kepala perangkat daerah, perwakilan perbankan, perguruan tinggi, dan Polres Paser.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Drs. H. Arief Rahman, mengatakan rakor kali ini mengusung tema ‘Sinergi Pengelolaan TIK dalam upaya Akselerasi Transformasi Digital Menuju Paser Smart City’.

Arief menuturkan latar belakang digelarnya kegiatan ini Peraturan Pemerintah Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Nomor 59 tahun 2020, dan Peraturan Bupati Paser Nomor 20 tahun 2022 tentang penyelenggaraan SPBE di lingkup Pemkab Paser.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada perangkat daerah dan stakholder tentang SPBE dan Paser Smart City serta membahas tantangan dan harapan kedepan,” kata Arief Rahman.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser selaku Koordinator Tim SPBE Kabupaten Paser membuka kegiatan ini. Dalam sambutan Bupati Paser, ia mengatakan keberhasilan implementasi Smart City atau kota pintar, berkaitan dengan penerapan SPBE di daerah.

“Penggunaan teknologi informasi komunikasi merupakan pendukung layanan pemerintahan di bidang administrasi dan pelayanan publik sehingga pelayanan menjadi efekif dan efisien,” kata Sekda Katsul.

Katsul menambahkan, visi dan misi Smart City Paser juga sejalan dengan visi dan misi Kepala Daerah yaitu Menuju Paser Maju, Adil, Sejahtera dengan Kecerdasan yang Harmonis.

Lebih lanjut ia mengajak kepada para kepala perangkat daerah untuk saling berkolaborasi untuk mewujudkan Paser Smart City guna menekan tingkat penyalahgunaan wewenang serta mencegah terjadinya Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN), melalui pengawasan masyarakat berbasis elektroinik.

Katsul mengapresiasi Diskominfostaper yang telah menyeleggarakan kegiatan ini dan dan berterima kasih kepada para narasumber dari Dinas Kominfo Kaltim dan Akademisi dari Institut Teknlogi Surabaya (ITS), dengan harapan melalui kegiatan ini dapat mempercepat penerapan Smart City di Kabupaten Paser.

Dalam kegiatan ini Diskominfostaper menghadirkan narasumber antara lain Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kaltim M. Faisal, dan akademisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Tony Dwi Susanto, dan perwakilan Telkomsel, dan Icon Plus.

Pewarta: Hutja, Foto: Machmud, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *