Sebanyak Dua Puluh Orang Ikuti Program Pemagangan di Paser

Tana Paser – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser pada tahun 2022 melaksanakan program pemagangan bagi dua puluh calon tenaga kerja lulusan sekolah menengah kejuruan dan Strata 1 di daerah Itu.

“Mereka kami tempatkan di perhotelan dan marketing perusahaan otomotif,” kata Kabid Pelatihan dan pemagangan dan produktivitas kerja pada Disnakertrans Paser, Ahmad Reyad, Kamis (02/06/2022).

Reyad mengatakan dalam program pemagangan itu pemerintah membekali peserta magang dengan seragam, uang saku, dan asuransi kesehatan selama tiga bulan.

“Program ini bersumber dari APBD Provinsi Kaltim,” sebutnya.

Diakui dia pada tahun ini tidak ada program serupa yang bersumber dari APBD Kabupaten Paser.

Meski demikian, Disnakertrans Paser telah menggelar sosialisasi program pemagangan kepada perusahaan tanpa menggunakan anggaran daerah.

“Sosialisasi Itu untuk mengajak kepada pelaku usaha agar membuka program pemagangan sebesar-besarnya,” ujar Reyad.

Menurutnya program pemagangan sangat penting bagi calon tenaga kerja sebagai bekal wawasan dan kompetensi sebelum masuk ke dunia kerja.

“Agar mereka bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya di berbagai daerah,” ucap Reyad.

Reyad berharap setelah dilakukan sosialisasi semakin banyak perusahaan yang membuka program pemagangan bagi para lulusan sekolah dan calon tenaga kerja.

“Dengan begitu semakin banyak calon tenaga kerja yang berpengalaman karena sudah mendapat ilmu selama magang,” kata Reyad.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *