Sekda Buka Finalisasi Data Sektoral dan Evaluasi Pengumpulan Data KDA dan PDRB 2021

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli yang diwakili Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya membuka finalisasi data sektoral dan evaluasi pengumpulan data KDA dan PDRB 2021 di ruang Command Center Kantor Bupati Paser Komplek Perkantoran Jl.Kusuma Bangsa km.5 Gedung E, Selasa (16/8/2022).

Pada kegiatan tersebut hadir Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Paser Hotbel Purba, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser Ina Rosana, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Paser Djoko Bawono serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Paser.

Kegiatan finalisasi tersebut menjadi salah satu komitmen Pemerintah Daerah dalam keakuratan data Kabupaten Dalam Angka (KDA) serta Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Paser,

Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya menyebutkan kegiatan ini merupakan pertemuan yang juga menjadi agenda rutin sebagaimana amanat peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2019 tentang perubahan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 kabupaten sebagai acuan dalam perumusan strategi kebijakan dan program pembangunan yang lebih baik melalui data.

“kita akan mendapat gambaran keadaan geografi pemerintahan, penduduk dan tenaga kerja sosial tidak berarti bahwa proses pengumpulan data mudah dan cepat, justru ketepatan waktu sering menjadi masalah belum lagi konsistensi dan kelengkapan data hingga proses data,” Kata Katsul wijaya.

Dengan itu Sekda Katsul Wijaya mengharapkan pada semua pihak terkait yakni Perangkat Daerah untuk melakukan sinkronisasi terutama terhadap data-data yang dinilai belum akurat,sehingga data KDA dan PDRB menyajikan data yang valid.

“untuk itu kepada semua pihak terkait agar kiranya dapat melakukan sinkronisasi terutama terhadap data-data yang dinilai belum lengkap dan kami harap Perangkat Daerah bisa menyajikan data yang akurat,” Kata Katsul Wijaya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Paser Ina Rosana menuturkan terkait dalam menyajikan data secara tepat dan akurat, DKISP Kabupaten Paser terkhusus bidang Statistik dan Persandian memiliki kegiatan terkait penyusunan KDA dan PDRB

“Ini sudah kami ulangi bersama sama dengan tim termasuk DPS, sudah kita susun mulai dari Januari sampai dengan saat ini Alhamdulillah di Agustus inilah baru bisa rampung, draf untuk KDA dan DPRB 2021 itu sudah diserahkan ke kami oleh tim penyusun,” Kata Ina Rosana.

Dirinya juga mengharapkan dari kegiatan finalisasi tersebut tidak adanya perubahan perubahan sehingga nantinya dapat disebarluaskan pada pengguna data

(Tim Media Center Diskominfstaper Paser)

Total Views: 22 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *