Tindaklanjuti Aspirasi Masyarakat, DLH Libatkan Stakeholder Tangani Masalah Drainase

Tana Paser – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser segera menggelar rapat koordinasi dengan beberapa perangkat daerah terkait dalam rangka penangangan kebersihan kota khususnya drainase yang ada di Kota Tanah Grogot.

Kepala DLH Paser, Achmad Safari mengatakan penangangan drainase tidak bisa hanya dilakukan DLH, meski tugas utama istansinya itu membersihkan drainase.

“Kewenangan DLH adalah membersihkan drainase, sedangkan pembangunan dan renovasi drainase masih menjadi kewenangan perangkat daerah teknis lainnya. Maka dari itu perlu ada rapat lintas sektor,” kata Safari, Kamis (4/5).

Safari mengatakan kunjungan camat dan beberapa kepala desa yaitu membahas tentang pengelolaan kebersihan kota mulai dari penanganan sampah hingga drainase.

“Camat dan kepala desa serta lurah menyampaikan permasalahan penanganan sampah dan drainase yang masih perlu ditingkatkan kebersihannya,” ujar Safari.

Safari menyampaikan saat ini penanganan drainase berada dalam kewenangan DLH setelah diserahkannya kewenangan penanganan masalah tersebut ke DLH.

“Pelimpahan tugas ini baru kami terima pada pekan lalu, termasuk pembersihan parit dan saluran pada median jalan dan tepi jalan,” katanya.

Safari menegaskan semua pihak bersepakat untuk menciptakan kebersihan lingkungan. Para ketua RT, katanya, akan melakukan gerakan kebersihan lingkungan secara gotong royong, secara periodik dan bergiliran.

“Nanti akan dibuat jadwalnya,” katanya.

Pertemuan ini akan ditingkatkan menjadi rapat koordinasi dengan melibatkan unsur terkait dan stakeholder lainnya. Jadwal rapat koordinasi diagendakan pada bulan Mei ini.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *