Wabup Masitah Hadiri Raimuna Nasional XII 2023 dan HUT Pramuka ke – 62

Tana Paser, MCKabPaser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Paser menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke – 62 dan Pembukaan Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Buperta Cibubur, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Presiden Maruf Amin yang ditandai dengan menekan tombol peresmian bersama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Raimuna Nasional XII Tahun 2023 kali ini diikuti 25.000 anggota pramuka dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada 14-21 Agustus 2023 dengan mengambil tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”.

Wapres ma’ruf amin dalam sambutannya menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir karena bertepatan dengan tugas kenegaraan lainnya. Wapres berharap pramuka yang menginjak usia ke-62 ini bisa terus berkarya dan membangun negeri. 

“Dengan bertambahnya usia ini maka gerakan Pramuka harus terus semangat dalam berkarya. Gerakan Pramuka juga harus merawat harmoni persatuan dan kesatuan NKRI,” kata Wapres.

Lebih lanjut, Wapres meyakini gerakan Pramuka bisa melahirkan pemimpin-pemimpin hebat dimasa yang akan datang. Sebab, para pemuda yang ada didalamnya itu merupakan agen perubahan. 

Sementara itu, Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan Raimuna Nasional merupakan upaya untuk proses pembentukan karakter. Setidaknya itu dapat dilihat dari semangat para peserta khususnya dari kontingen Paser.

“Mari kita wujudkan setiap kegiatan kepramukaan sebagai sarana pendidikan, untuk melahirkan generasi yang cinta Pancasila, cinta Indonesia, serta menanamkan kepedulian kesetiakawanan dan kegotongroyongan,” ajak Wabup Masitah.

Masitah berharap anggota pramuka dapat meningkatkan semangat juang, berkarya dan melangkah kedepan agar nantinya bisa berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Paser. Hal tersebut tidak terlepas dari materi kegiatan pramuka yang mencakup edukasi, kreatifitas, inovasi, tanggung jawab sekaligus membentuk solidaritas sesama teman pramuka.

“Saya harap pramuka bisa memberi motivasi dan kesan positif kepada masyarakat dengan berprilaku santun, memelihara kesehatan agar semua kegiatan berjalan baik, nantinya bisa ditorehkan ke adik – adik pramuka lainnya. Pesan kaka agar adik – adik jaga kesehatan, keselamatan dan jangan tinggal kan sholat serta jaga nama baik Kabupaten Paser, terus promosikan keberadaan Kabupaten Paser sebagai mitra strategis daripada IKN,” pesannya.

Penulis : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *