Momentum Hari Pramuka, Siapkan Generasi Tangguh Sejak Dini Untuk Indonesia EMAS 2045

Tana Paser – Pada Hari ini, 14 Agustus 2023, segenap anggota gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana berusia 62 tahun. Dalam peringatan yang penuh makna ini, mengangkat tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional.”.

Ketua I Komisi Nasional Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Dr. Kasrani Latif, ditemui di Kantor DPRD Kabupaten Paser Senin (14/08/2023), menyatakan gerakan Pramuka adalah suatu lembaga pendidikan luar sekolah yang mempunyai tugas pokok membina generasi muda Indonesia agar menjadi kader pembangunan yang bermoral Pancasila dan ikut membangun masyarakat, bangsa dan Negara.

“Pramuka sebagai salah satu wahana pengembangan bagi para generasi muda Indonesia, Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi luhur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang lebih ditujukan pada setiap kegiatannya,” ucapnya.

Kasrani menambahkan melalui gerakan Pramuka diharapkan dapat terbentuk manusia yang berkepribadian, memiliki mental dan moral yang baik, tinggi kecerdasannya, terampil, serta menjadi patriot pembangunan dan perekat persatuan bangsa.

“Pramuka harus dimulai sejak usia dini, adik-adik kita harus dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” katanya.

Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing, maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

Semua bentuk pengabdian yang dilakukan harus sejalan dengan kode kehormatan, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

Menurutnya generasi tangguh terbentuk melalui pendidikan Pramuka sejak usia dini baik formal maupun non formal untuk kelangsungan Bangsa dan Negara Indonesia EMAS 2045.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *