Wabup Masitah Sosialisasikan Perkuatan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Tana Paser, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf sosialisasikan perkuatan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di Gedung Serbaguna Desa Songka Kecamatan Batu Sopang, Selasa (25/07/2023).

Hadir dalam acara Danramil Batu Sopang Kapten Czi Suparman, Kapolsek Batu Sopang Iptu Harwanto, Kepala Bidang Wawasan Bangsa Kesbangpol Eka Sulfani, Kepala Desa Songka Erny Damayanti dan diikuti oleh siswa – siswi SMAN 1 Batu Sopang dan Madrasah Aliyah Swasta Faturahman.

Wabup Paser hj. Syarifah Masitah Assegaf menuturkan bahwa generasi muda perlu memahami dalam penggunaan hak pilih di Pemilu serentak. Apalagi pemilihan legislatif sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 24 Febuari 2024 dan pemilihan kepala daerah pada tanggal 27 November 2024.

“Kepada para siswa-siswi yang telah berusia 17 tahun untuk dapat menggunakan hak pilihnya dan pemilih pemula harus memahami 3 aspek yakni rasional, mandiri, dan bertanggung jawab.,” Kata Masitah

Pemilih rasional yaitu pemilih dalam menentukan sikap politiknya lebih mempertimbangkan faktor kemampuan, baik dari segi kapasitas intelektual maupun kualitas kepemimpinan untuk perubahan.

Kedua, mandiri disini maksudnya semua keputusan dibuat berdasarkan pertimbangan diri sendiri, tidak dengan ikut – ikutan orang lain.

Lanjut Masitah hal ketiga yaitu pemilih harus bertanggung jawab, kita bertanggung jawab dengan pilihan kita. Jika pilihan kita gagal, ya tidak apa-apa.

Masitah menjelaskan konsep dari sosialisasi kebangsaan bagi pemilih pemula merupakan bagian pembelajaran dari demokrasi, berdasarkan pancasila bagi generasi muda ini sesuai dengan pelajaran PPKN.

Menurut data dari pusat pemilih di tahun 2024 terdapat 205 juta, terdiri dari 60 persen kaum milenial. Pemilih milenial kata Masitah harus memilih, karena pemilih pemula harus mengawal pemilu dengan turut aktif mengedukasi, mengajak orang-orang di sekitar agar tidak terjadi miskomunikasi atau diskomunikasi pada saat memilih.

Penulis : Adhitia
Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *