Antisipasi Penggunaan Narkoba, BNK Paser Lakukan Tes Urine di Kalangan Pelajar

Tana Paser, MCKabPaser – Upaya mencegah penyalahgunaan narkoba terus dilakukan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Paser. Kali ini pelaksanaan tes urine disasar terhadap kalangan pelajar yakni siswa – siswi di SMAN 1 Batu Sopang dan Madrasah Aliyah Swasta Faturahman. Tes urine ini dilakukan di Gedung Serbaguna Desa Songka Kecamatan Batu Sopang, Selasa (25/7/2023).

Ketua BNK Kabupaten Paser yang juga Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menjelaskan tujuan dilakukannya tes urine ini yakni mencegah adanya penggunaan narkotika di kalangan generasi muda, apalagi menurut data Kabupaten Paser termasuk peringkat 4 kasus narkotika teringgi dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Timur.

“jenis narkotika yang trend di Kabupaten Paser yaitu jenis sabu-sabu,” Kata Masitah.

Hal ini dibuktikan satnarkoba Polres Paser yang dalam satu bulan berhasil mengamankan ratusan kasus narkoba. Data Warga binaan (WB) di rutan Kelas IIb Tanah Grogot kata Masitah terdapat 717 WB, terdiri dari 514 WB yang terjerat kasus narkotika.

Tes urine dikalangan pelajar kali ini juga sebagai bentuk dukungan sekolah untuk memerangi narkoba. Sementara dari hasil tes yang telah dilakukan, terdapat 1 pelajar yang positif.

“Nanti kami diselediki lagi secara mendalam, apakah positif karena konsumsi obat-obatan, amfetamin (obat stimulan sistem saraf pusat) atau mengkonsumsi narkotika,” Ujar Masitah.

Wabup Masitah berpesan dan meminta kepada para siswa-siswi untuk tidak mencoba narkoba, dikarenakan efek narkoba sendiri bisa berujung ke tindakan kriminalitas.

“Tidak ada orang yang sukses karena narkoba, ketika kekurangan uang untuk membeli narkotika, bisa saja para pengguna ini mencuri atau menjual barang-barang di rumah,” kata Masitah.

Penulis : Adhitia
Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *