Pemkab Paser salurkan beras kepada 11.938 kepala keluarga

Tana Paser – Pemerintah Daerah Kabupaten Paser akan menyalurkan beras kepada 11.938 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 10 kecamatan guna mengatasi kekeringan dan gejolak kenaikan harga beras.

“Berasnya sudah siap di gudang Bulog tinggal disalurkan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaen Paser, Taharuddin, Selasa (12/9).

Taharuddin mengatakan setiap KPM akan mendapat 10 kilogram beras setiap bulannya mulai September hingga tiga bulan kedepan.

Ia mengatakan bantuan tersebut diberikan untuk mengatasi kekeringan serta gejolah beras yang mengalami kenaikan harga.

Bantuan tersebut, diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat serta upaya pemerintah dalam menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk.

“Dalam kondisi kekeringan seperti ini semoga bantuan ini bermanfaat,” kata Taharuddin.

Pemerintah pusat meminta bantuan ini segera disalurkan. Untuk di Kabupaten Paser penyalurannya akan dilakukan secara bertahap.

Beras yang akan disalurkan didistribusikan pemerintah pusat dan tidak akan menggangu cadangan beras milik pemerintah daerah.

Kata Taharuddin, beras miliki Pemerintah Daerah di gudang Bulog akan digunakan untuk bantuan bencana dan kondisi darurat tertentu.

Saat ini stok beras pemerintah daerah sebanyak 100 ton, 30 ton diantara sisa beras tahun 2022, dan 70 ton merupakan pengadaan tahun 2023.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *