Sekda Paser Buka Lomba Inovasi TTG Tingkat Kabupaten Tahun 2023

Tana Paser, MCKabPaser – Mewakili Bupati Paser, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya membuka Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2023 di Gedung Serbaguna SMPN2 Tanah Grogot, Senin (11/9/2023).

Mengambil tema “melalui lomba inovasi kita tingkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat yang berdaya saing menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)”, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMDP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Anwar Sanusi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Paser Chandra Irwanadhi serta para Kepala Desa.

Bupati Paser dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan Kabupaten Paser memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melimpah.

“Hal ini diperlukan peran TTG dalam pemanfaatan sumber daya itu secara arif dan ramah lingkungan,” Ucap Katsul.

Katsul menjelaskan dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD) dari pemerintah harus dimanfaatkan maksimal untuk menghasilkan pendapatan desa. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 08 Tahun 2022 tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa tahun 2023.

Perlombaan TTG ini merupakan salah satu bentuk pemerintah dalam upaya mengkomunikasikan dan percepatan penerapan TTG oleh masyarakat desa.

“Melalui lomba inovasi kita tingkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat yang berdaya saing menuju Paser MAS ( Maju, Adil dan Sejahtera),” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser kata Katsul sangat mendukung lomba ini, dengan diadakannya TTG ini dapat menjaring inovasi, pengembangan desa sehingga menumbuhkan jiwa kewirausahaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Setelah membuka lomba TTG, Sekda Paser Katsul Wijaya bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMDP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Anwar Sanusi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Paser Chandra Irwanadhi meninjau stand-stand pameran yang di ikuti oleh para peserta lomba.

Lomba inovasi tahun ini diikuti 24 peserta dan 30 inovasi dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Paser.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *