Diskarpus Paser Gelar Lomba Bertutur Budaya Lokal

Tana Paser – Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Paser menggelar lomba bertutur budaya khas lokal tingkat siswa sekolah dasar, Rabu (06/3/2024).Kegiatan yang digelar di kantor Diskarpus, diikuti puluhan siswa dari 21 sekolah dasar mengenakan pakaian adat daerah.

“Lomba ini untuk membangun jiwa yang berkarakter dan menumbuhkembangkan kegemaran siswa untuk melestarikan budaya lokal,” kata Kepala Diskarpus Paser, Yusuf Sumako.

Melalui lomba ini, kata Sumako, siswa diharap mengetahui budaya daerah dan mampu menceritakannya. Melalui kegiatan ini juga, Diskarpus berharap dapat menanamkan karakater cinta budaya lokal di kalangan siswa sejak dini.

“Sehingga mereka mengenal dan mengetahui budaya khas daerah tempat di mana mereka tinggal dan bersosialisasi,” ucapnya.

Yusuf Sumako menambahkan jika siswa memiliki kegemaran untuk memelihara budaya lokal, maka budaya khas lokal daerah akan semakin dikenal luas.

Dengan mengenal budaya, diharapkan juga siswa mampu menghargai sejarah yang pernah ada di daerahnya. Pemenang dari lomba ini nantinya akan diikutsertakan dalam lomba tingkat Provinsi Kaltim di Samarinda.

Pewarta: Mahmud, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *