Dua Siswa MAN Paser Sabet Medali Perak Di Ajang Internasional

BADUNG, MCKabPaser – Prestasi kesekian kalinya yang membawa nama harum Kabupaten Paser di ajang Internasional kembali dipersembahkan dua siswa Madrasah Aliah Negeri (MAN) Paser.

Pasalnya, dua siswa tersebut yakni Jhordy Putra Pratama Ferdyannur dari kelas XII IPA 1 dan Yuthi Azka Rusyda kelas XI B berhasil meraih medali perak pada kompetisi International Research Competition for Young Scientist (IRCYS), di Venue Invinity 8 Jimbaran Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung Provinsi Bali, Jumat (20/10/2023) lalu.

Kompteisi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan penelitian ilmiah dan menggali semangat inovasi ilmuwan muda diseluruh dunia itu digelar secara luring oleh Indonesia Scientific Society (ISS) bersama dengan Bandung Creative Society (BCS) selama dua hari 20 – 21 Oktober 2023 dan diikuti oleh 106 tim dari 7 negara.

Pembimbing kegiatan Akademik siswa MAN Paser, Shabrina Rukhyatul Fauziyah, S.Pd mengatakan, dalam kompetisi tersebut kedua siswa dari MAN Paser ini telah mempresentasikan hasil penelitian ilmiah mereka dalam kompetisi riset IRCYS.

“Riset mereka adalah riset terapan di bidang kimia dengan judul “Hodenas: Product of pH reducting detergent waste with eggshell activated carbon for food waste utilization“. “kata Shabrina, Senin (23/10/2023).

Ia menyebutkan, produk mereka ada karbon aktif dari limbah cangkang telur dengan dua tahap aktivasi yaitu aktivasi fisika dengan pemanasan eksotermik dan aktivasi kimia dengan asam kuat.

“Dari hasil riset, mereka berhasil menurunkan pH limbah detergen sehingga lebih aman untuk dibuang ke lingkungan.”tambahnya.

Sementara itu Kepala MAN Paser, Abd. Gafur Yusuf, M.Pd mengucapkan selamat dan rasa syukur atas prestasi yang kembali diraih oleh peserta didiknya.

“Alhamdulillah, selamat kepada ananda Jhordy dan ananda Yuthi atas prestasi gemilang ini. Kedua siswa berprestasi ini telah memberikan kado istimewa menjelang peringatan milad ke-27 MAN Paser dengan meraih medali perak. Untuk itu diharapkan agar tetap belajar dan rajin berlatih sehingga bisa menjadi lebih baik lagi,”harapnya. (doel)

Kontributor: Humas MAN Paser.

Editor : MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *