Komnasdik Kaltim Usulkan P4 Kembali diajarkan di Sekolah

Tana Paser – Ketua I Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Provinsi Kaltim dr. Kasrani Lathief mengusulkan diterapkan kembali Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) di sekolah.

“Kami usulkan P4 diajarkan kembali di sekolah untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila,” katanya di Tana Paser, Sabtu (3/6).

Tujuan penataran P4 adalah menciptakan manusia Pancasila, yakni manusia yang dalam keadaan apapun secara konsisten dan konsekuen mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Memperhatikan kondisi sekarang ini dimana nilai-nilai Pancasila semakin tergerus, menurut Kasrani, maka diperlukan usaha melestarikan nilai-nilai Pancasila.

Menurut dia nilai-nilai Pancasila harus sudah diperkenalkan sejak usia dini. Kasrani mendorong pemeliharaan nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui berbagai kegiatan mulai di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

“Kami mendorong perbanyak program lomba-lomba tentang Pancasila seperti Lomba cerdas cermat Pancasila dan sebagainya, program pelatihan tentang Pancasila dari tingkat sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat,” ujarnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *