SMPN1 Tanah Grogot Raih Penghargaan Kontributor Pencapaian Rekor MURI

TANA PASER, MCKabPaser – Satu lagi kebanggaan yang membawa harum nama Kabupaten Paser di tingkat Nasional, yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) Tanah Grogot telah meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Kontributor Pencapaian Rekor MURI “Pelatihan Literasi Kepada Guru dan Siswa di Sekolah Terbanyak”.

Penghargaan tersebut diberikan atas karya 51 puisi yang ditulis oleh siswa dan siswi SMPN 1 Tanah Grogot yang telah dicetak dalam buku ‘Antologi Puisi MENGENANG ALAM’ tahun 2023, dalam rangka mengikuti program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional 2022 bersama sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Program GSMB ini dimulai dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2022. Program ini memberikan kesempatan sekolah untuk mengembangkan program literasi di sekolah, dengan melahirkan karya berupa buku sebanyak jumlah murid yang berpartisipasi.

Kepala SMPN 1 Tanah Grogot Nurwinanto mengatakan dengan terbitnya buku antologi puisi tersebut membuktikan semangat literasi warga SMPN 1 Tanah Grogot sedang menggelora, para guru dan siswa bersama-sama menuangkan ide dan gagasan kecintaan tentang alam di sekitarnya dalam bentuk untaian kata dan kalimat yang indah penuh makna tersurat maupun tersirat.

“Semoga dengan lahirnya karya ini semakin mendorong semangat literasi para siswa di SMPN 1 Tanah Grogot sehingga semakin menggelora dan menggebu-gebu dalam menuangkan ide dan gagasan literasinya di karya-karya buku selanjutnya,” kata Nurwinanto, Senin (5/6/2023).

Dengan jumlah 50 siswa dan siswi SMPN 1 Tanah Grogot beserta saru orang Guru Bahasa Indonesia sebagai koordinator yaitu Suci Prihatin dan Guru Bahasa Inggris Sultani sebagai pengarah bersama rekan-rekan guru lainnya turut membantu dalam menyelesaikan penulisan buku antologi puisi tersebut.

Berikut sepenggal bait puisi hasil karya Tearra Agatha siswa kelas VIII-A SMPN 1 Tanah Grogot di antara puluhan puisi lainnya yang ditulis oleh siswa dan siswi SMPN 1 Tanah Grogot.

“Pasir putih yang lembut

Perlahan tertiup

Terbang berurut

Angin terus menerus meniup”

MC Kab Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *