Peringati Bulan Bahasa, MGMP Gelar Lomba Tingkatkan Literasi Siswa di Paser

TANA PASER, MCKabPaser– Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa (Indonesia-Inggris) Kabupaten Paser, menggelar berbagai jenis lomba pada peringatan Bulan Bahasa tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di SMPN 2 dan SMPN 8 Tana Paser ini diikuti 161 pelajar SMP/MTs selama dua hari sejak 22 November 2021.

Jenis perlombaan yang digelar antara lain pidato Bahasa Indonesia, bercerita dengan Bahasa Indonesia, cipta puisi, desain poster, pidato Bahasa Inggris (English Speech Contest), dan bercerita dengan Bahasa Inggris (English story telling).

Ketua panitia penyelenggara Bulan Bahasa tahun 2021, Deni Farta Samudyo mengatakan, tema Bulan Bahasa tahun ini  yaitu “tumbuhkan minat literasi dan tingkatkan  keterampilan berbahasa”. Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser.

“Kami ingin melalui perlombaan yang dilaksankan pada Bulan Bahasan tahun ini, keterampilan literasi siswa semakin meningkat,” kata Deni Farta Samudyo.

Deni meyakini melalui perlombaan yang digelar, dapat meningkatkan potensi keterampilan berbahasa dan minat literasi siswa sehingga dengan demikian siswa dapat berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pentingnya siswa meningkatkan literasi, lanjut Deni menerangkan, dikarenakan generasi saat ini kurang memerhatikan kaidah berbahasa Indoenesia. “Literasi sangat dibutuhkan baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Karena saat ini minat baca kita rendah,” ujar Deni.

Perlombaan ini juga sebagai sarana menjaring siswa sebagai persiapan perlombaan di tingkat nasional yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Semoga  para siswa yang menguikuti lomba dapat tumbuh  minat literasinya baik itu literasi buku, maupun digitaljuga meningkat  dalam keterampilan berbahasa,” ucap Deni. Sebagai bentuk apresiasi, panitia memberikan penghargaan kepada para juara lomba berupa trofi dan uang pembinaan.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Total Views: 45 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *