Tinjau Muara Komam, Wabup Paser Tampung Keluhan Pimpus

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati (Wabup) Paser Syarifah Masitah Assegaf meninjau UPTD Puskesmas Muara Komam, Kamis (30/12/2021). Dalam kunjungannya itu ia didampingi Camat Muara Komam Mustafa, dan di saat yang sama ia menampung keluhan dari pimpinan puskesmas (pimpus) Renny Mardyati dan staf.

Wabup Masitah berkata, peninjauan yang ia lakukan karena sebelumnya ia mendapatkan keluhan dari Puskesmas Muara Komam terkait infrastruktur di layanan kesehatan di kecamatan itu.

“Ada bangunan baru di tahun 2018 di Puskesmas Muara Komam ini, tetapi keadaan bangunan sudah tidak baik. Di beberapa ruangan ada bangunan yang retak, seperti ruangan rawat inap dan rawat jalan,” kata Wabup Paser Masitah.

Ia menambahkan bahwa perlunya ditambah seorang dokter umum dan beberapa staf di puskesmas tersebut. Diketahui, tenaga kesehatan di puskesmas Muara Komam yaitu baru ada satu dokter umum dan dokter gigi.”Di sini kurang dokter umum. Pimpus merangkap dokter umum,” ucap Masitah.

Selain perlu ditambah tenaga kesehatan, kata Masitah, puskesmas Muara Komam juga perlu dilengkapi dengan mobil ambulan. Karena mobil yang dimiliki saat ini tidak memadai.”Akan kami sampaikan hal ini kepada Pak Bupati agar dapat ditindaklanjuti oleh dinas terkait,” kata Wabup Masitah.

Dikemukakan Masitah puskesmas Muara Komam merupakan satu-satunya layanan kesehatan milik pemerintah di kecamatan itu. “Ini tumpuan layanan kesehatan untuk masyarakat desa di Muara Komam,” katanya.

Pimpus Muara Komam Renny Mardayati mengatakan bahwa, terlepas dari keterbatasan tenaga kesehatan dan unit ambulan, fasilitas air dan listrik di puskesmas Muara Komam sudah memadai.”Alhamdulillah air bersih sudah ada dan listrik telah 24 jam beroperasi,” kata Renny.

Puskesmas Muara Komam memilik 3 bangunan utama. Saat ini, ruang rawat jalan sudah tidak layak untuk ditempati. Terdapat retakan di sisi kiri bangunan. “Karena dari segi bangunan sudah tidak memenuhi syarat. Jika dipaksakan digunakan takut runtuh dan membahayakan pasien,” kata Renny.

Camat Muara Komam Mustafa berharap keluhan pimpus dapat ditanggapi dan diakomodir Pemerintah Daerah. “Semoga didengar. Kalau ada perbaikan agar pelayanan kesehatan di sini dapat berjalan maksimal,” ucapnya.

Peninjauan Wabup Masitah di Kecamatan Muara Komam ini dalam rangka memberikan bantuan kepada korban banjir kepada 49 kepala keluarga di Desa Muara Payang. Di hari yang sama, sebelum ke Muara Komam, Wabup Masitah juga telah memberikan bantuan kepada 44 kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran di Kecamatan Batu Sopang.

Pewarta : Adhitia, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *