Pupuk Usaha Kreatif Dalam Dunia Nyata, SD 004 Grogot Gelar Bazar

TANA PASER, MCKabPaser – Guna memupuk usaha yang kreatif, kolaboratif, inovatif dalam dunia nyata bagi peserta didik, Sekolah Dasar Negeri 004 Tanah Grogot gelar bazar, Selasa (21/6/2022).

Kepala SD 004 Tanah Grogot Sriatun menjelaskan bazar ini merupakan agenda tahunan yang digagas oleh para guru, yang menampilkan hasil belajar satu tahun siswa dari karakter-karakter yang dibentuk oleh apa yang disampaikan di kelas saat belajar.

“Dengan bazar ini mengajarkan kepada anak didik bagaimana mencari uang dan cara  berkomunikasi dalam berwirausaha,” jelas Sriatun.

Dikatakan Sriatun dengan terselenggaranya bazar ini, SD 004 Tanah Grogot mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu  profil pelajar Pancasila.

“Kalau dulu penguatan karakter, dan sekarang profil pelajar Pancasila, yang mana di dalamnya ada kemandirian, gotong royong serta iman dan taqwa,” ujar Sriatin.

Ia menambahkan, kewirausahaan harus sedini mungkin diajarkan, sehingga anak-anak dapat memahami seperti apa kedepannya.

“Sesungguhnya dari kecil itu dibentuk karakter terlebih dulu, masalah akdemis nanti akan didapatkan di jenjang SMP dan SMA,” tambahnya.

“Diutamakan pembentukan karakter 80 persen didapatkan di Sekolah Dasar,”

Menciptakan generasi Yang akan datang mempunyai jiwa-ijiwa untuk tanah air dan bangsa.

Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Wintoro

Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agus Wintoro menuturkan bahwa di dalam dunia usaha, sejak kecil anak-anak seyogyanya sudah diajarkan aksi aksi nyata dalam berwirausaha.

Ketika dewasa dapat melakukan aksi nyata, kemandirian dan ekporasi itu sangat penting bagi anak-anak.

“Apa yang dilakukan SD 004 Tanah Grogot ini memberikan bekal kepada anak didik agar di masa depan bisa hidup mandiri,”tutur Agus.

Ia berpesan kepada seluruh stakeholder kota sama-sama mengupayakan bagaimana perekonomian di Paser bisa meningkat.

“Untuk itu diharapkan kegiatan hari ini kelak akan bisa mengangkat derajat perekonomian di Paser di masa mendatang,” harapnya.

Pembukaan bazar ini juga dirangkai pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan surah-surah pendek, persembahan lagu dan fashion show serta penampilan aksi pencak silat oleh siswa dan siswi SD 04 Tanah Grogot.

(Tim Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser).

Total Views: 6 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *