SDN 031 TANAH GROGOT JUARA II NASIONAL LOMBA PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN

Tana Paser, MCKabPaser – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 031 Tanah Grogot Kabupaten Paser berhasil meraih juara II pada lomba budaya mutu dalam hal pengelolaan perpustakaan tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, di Surabaya, 15-18 Oktober 2019 lalu. 

SDN 031 Tanah Grogot menyisihkan ratusan sekolah lainnya, dan berhasil meyakinkan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi pendidikan, Kemendikbud pada lomba tersebut.

Kepala SDN 031 Tanah Grogot Budi Rahmi mengatakan beberapa aspek penilaian pada lomba tersebut diantaranya program kerja, penataan perpustakaan, jumlah buku yang dimiliki, hingga sarana perpustakaan.

“Alhamdulilah SDN 031 juara II lomba budaya mutu bidang perpustakaan. Penilaian meliputi program kerja, penataan perpustakaan, jumlah buku dan sarananya,” kata Budi Rahmi di ruang kerjanya, Senin (4/11). 

Rahmi mengatakan dalam menunjang pengelolaan perpustakaan, SDN 031 Tanah Grogot memiliki pustakawan sendiri yang berlatar pendidikansarjana perpustakaan. Buku perpustakaan yang ada berasal dari Dinas Pendidikan dan pengadaan dana Bantuan Operasional Sekolah Nasional (Bosnas). 

Program literasi atau budaya membaca yang sudah diterapakan perpustakaan SDN 031 Tanah Grogot kata Rahmi yakni ‘Reading Day’, atau membaca dalam sehari. Kegiatan tersebut dilakukan masing-masing kelas sekali dalam seminggu secara bergantian.

“Setiap minggu siswa menyempatkan waktu membaca beberapa jam. Buku yang dibaca buku selain mata pelajaran yang diajarkan di sekolah,” ucap Rahmi. 

Setelah membaca buku, lanjut Rahmi, siswa diminta untuk menceritakan kembali apa yang dibacanya. Program ini dilakukan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan para siswa SDN 031 Tanah Grogot. 

“Kedepan kami akan melaksanakan lomba mendongeng untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bertutur cerita dan literasi atau membaca buku,” ucap Rahmi. 

Bupati Yusriansyah Apresiasi Prestasi SDN 031 Tanah Grogot

Sementara Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi mengapresiasi prestasi yang sudah diraih SDN 031 Tanah Grogot. Ia berharap prestasi tersebut dapat ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi sekolah lain. 

Yusriansyah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Paser. “Semoga prestasi ini bisa ditingkatkan dan kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas,” ucap Yusriansyah. (MC Kabupaten Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *