Permudah Penyampaian Informasi PKK Paser Gelar Pembinaan Dasa Wisma

TANA PASER, MCKabPaser – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahtera Keluarga (TP PKK) menggelar pembinaan Dasa Wisma Teguh Mandiri, di Desa Suatang Kecamatan Pasir Belengkong, Senin (24/01/2022). Kegiatan yang dihadiri PKK 139 desa dari 10 kecamatan ini, merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan TP PKK Paser. Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris PKK Yola Yusuf mewakili Ketua PKK Paser Sinta Fahmi Fadli, S.A.P, Kepala Desa Swatang, Ketua Pokja II PKK Kabupaten Paser Kasrani.

Ketua Pokja II PKK Kabupaten Paser Kasrani mengatakan dasa wisma merupakan perkumpulan keluarga yang terdiri dari 10 sampai 20 rumah tangga yang menjadi 1 kelompok. “Tujuan pembinaan Dasa Wisma memudahkan kordinasi dalam penyampaian informasi dan pendataan,” kata Kasrani.

Kasrani menjelaskan kegiatan ini kedua kalinya digelar dalam rangka pembinaan Dasa Wisma, yang merupakan pondasi dari program PKK yang harus diperkuat. Dijelaskan dia, pembangunan dasa wisma berorientasi pada umber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pengurus PKK Kabupaten menjadi kordinator tim PKK Kecamatan agar di tiap Desa memiliki kordinator Masing-masing. Dengan di kembangkannya Dasa Wisma di Kabupaten Paser tersebut dapat sejalan dengan visi misi Paser Maju, Adil, Sejahtera (MAS),” terang Kasrani.

Kasrani menjelaskan, program Ketua PKK tahun 2022 adalah terbentuknya seluruh RT minimal 2 dasa wisma di desa yang terbentuk dasa wisma nya beliau akan memberikah di desa. “Dengan perjuangan beliau kordinasi dengan teman di Desa Swatang berhasil meraih juara 2 tingkat Provinsi. Nanti kita tingkatkan di tiap desa,” katanya.

Dalam mewujudkan Dasa Wisma itu di tiap 10-20 rumah di Desa harus dibentuk kelompok sebagai kadernya. Dengan ada kader Dasa Wisma akan memudahkan dalam melaksanakan pembangunan melalui edukasi pedidikan, penyuluhan pendataan. Harapan Ketua PKK Paser Sinta Fahmi Fadli, kata Kasrani semua desa memiliki potensi, SDM, jadi mari bersama bergerak mewujudkan Dasa Wisma yang tangguh, dalam mewujudkan Paser MAS.


Tim Media Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *