Pemkab Paser Salurkan Bibit Padi di Lahan 9.324 Hektar

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2021 menyalurkan bantuan bibit padi di lahan pertanian seluas 9.324 hektar, tersebar di 10 kecamatan kecuali di Kecamatan Tanjung Harapan.

“Bantuan bibit untuk pengembangan lahan padi tahun ini seluas 9.324 hektar,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura pada Dinas Tanaman Pangan Paser Yusuf “ Kamis (21/1/2021).

Yusuf mengatakan dari luas lahan yang dikembangkan itu terdiri dari padi rawa seluas 3.250 hektar dan padi lahan kering seluas 2.674 hektar.

“Selain itu padi inbrida 1.750 hektar dan padi biofertifikasi atau padi kaya gizi,” ujar Yusuf.

Bantuan bibit lahan pertanian di 9.324 hektar tersebut lanjut Yusuf diantaranya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional tahun 2021 melalui Kementerian Pertanian.

“Ada juga yang bersumber dari APBD Provinsi yaitu lahan seluas 1.550 hektar” ungkap Yusuf.

Selain mengembangkan lahan padi, pada tahun ini Pemkab menurut Yusuf juga mengembangkan tanaman Jagung di kecamatan Tanah Grogot, Muara Samu dan Batu Engau.

“Rencananya akan kami kembangkan seluas 1.175 hektar, yang bersumber dari dana APBN 1.000 ha dan APBD Kabupaten Paser 175 hektar,” ucapnya.

Yusuf mengungkapkan, penyaluran bantuan ini untuk menumbuhkan motivasi petani dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

“Kami berharap dengan adanya program ini petani bisa lebih termotivasi, sehingga kemandirian pangan khususnya pemenuhan kebutuhan beras dari kabupaten sendiri bisa terpenuhi” harapnya.

Selain itu tambahnya, Pemkab Paser juga mengembangkan penangkaran benih padi seluas 50 hektar, dengan sumber dana dari APBN.

“Tahun lalu kita hanya dapat kurang lebih 15 hektar, tahun ini meningkat menjadi 50 hektar,” ujar Yusuf.

Pewarta : Asmaul, Editor : Hutja

Total Views: 1575 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *