Pilkades Paser Berjalan Lancar, Panitia Laporkan ke Kemendagri

Tana Paser – Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 72 desa Kabupaten Paser digelar serentak hari ini, Rabu (30/11). Panitia Pilkades tingkat Kabupaten dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya meninjau sejumlah lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).
TPS yang ditinjau diantaranya TPS 01 Senaken Kecamatan Tanah Grogot, TPS 02 Tanah Periuk Kecamatan Tanah Grogot, dan TPS 04 Pasir Belengkong Kecamatan Pasir Belengkong.

“Pelaksanaan Pilkades sampai saat ini berjalan lancar dan aman,” kata anggota Panitia Pilkades Kabupaten yang juga Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Finandar Astaman yang turut memantau TPS.

Panitia Pilkades, kata Finandar, telah memastikan pelaksanaan Pilkades sesuai arahan Bupati, terutama dalam hal penerapan protokol Covid-19.
Usai melakukan pemantauan TPS, panitia Pilkades mengikuti video conference secara daring dengan perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami sampaikan bahwa kegiatan berjalan dengan lancar serta hal-hal lain terkait penyelenggaraan Pilkades,” ujar Finandar.

Hal yang disampaikan ke Kemendagri, lanjut Finandar, salah satunya perihal desa-desa yang memiliki bakal calon lebih dari 5 orang.
Ada 6 desa dengan total 42 bakal calon yang lebih dari lima, telah disampaikan panitia Pilkades Kabupaten Paser ke Kemendagri.

“Proses seleksinya sudah kami sampaikan dan berjalan dengan baik meski sempat ada satu bakal calon yang keberatan, namun sudah diselesaikan dan dijawab secara tertulis oleh Ketua Panitia Pilkades, dalam hal ini Pak Sekda,” terang Finandar.

Selain melaporkan penyelenggaraan Pilkades secara teknis, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta juga menyampaikan ke Kemendagri perihal mekanisme pengamanan. Finandar mengatakan pada hari ini juga hasil Pilkades akan dapat diketahui, dan segera dilaporkan oleh masing-masing panitia tingkat desa ke panitia kabupaten.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *